Sabtu, 20 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kementerian Kominfo Akan Seleksi Ulang Jabatan Dirut BAKTI, Ini Alasannya

BACA JUGA


FinTechnesia.com | Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka seleksi ulang pengisian Jabatan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI).

Plt. Menkominfo Mahfud MD menyatakan, pelaksanaan seleksi ulang karena peserta seleksi sebelumnya belum ada yang lolos sampai tahapan asesmen.

“Proses seleksi yang telah berlangsung separuh perjalanan. Ketika mengerucut (di tahap asesmen), peserta calon Dirut BAKTI tidak ada yang lulus,” jelasnya, Jumat (26/05).

Menurut Mahfud MD, seleksi Jabatan Dirut BAKTI akan dibuka lagi. Oleh karena itu, Plt Menkominfo mengundang profesional dan ahli yang memenuhi syarat untuk mendaftar menjadi calon Dirut BAKTI.

“Jangan takut karena tidak akan dikaitkan dengan proses hukum yang berlangsung. Penggantinya diharapkan memperlancar tugas dan kewenangan BAKTI ini,” tuturnya.

Sementara, Ketua Panitia Seleksi Jabatan Direktur Utama BAKTI, Hary Budiarto menyatakan, sesuai dengan jadwal kegiatan seleksi, panitia seleksi mengumumkan hasil asesmen  terhadap profile perilaku, kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan kompetensi tambahan sesuai dengan kebutuhan profile jabatan Dirut BAKTI.

Baca juga: Mahfud MD Sebut, Kominfo Tetap Lanjutkan Penyediaan BTS 4G

“Berdasarkan hasil penilaian tahapan asesmen terhadap 12 peserta, tidak ada yang memenuhi kompetensi yang telah ditentukan. Dengan demikian, seluruh peserta yang mengikuti seleksi tahapan asesmen dinyatakan tidak lulus,” jelas Hary yang juga Kabalitbang SDM Kementerian Kominfo itu.

Proses seleksi terbuka pengisian Jabatan Dirut BAKTI telah dimulai sejak tanggal 11 April 2023. Seleksi terbuka ini dimulai dari kegiatan pengumuman seleksi terbuka, penerimaan berkas para peserta secara online, seleksi administrasi untuk persyaratan peserta, dilanjutkan penulisan makalah dan tes asesmen untuk profile perilaku dan kompetensi yang dimiliki masing-masing peserta.

“Pada tahap awal seleksi pansel menerima 23 pendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Dirut BAKTI. Dari hasil seleksi administrasi diterima 15 peserta yang mengirimkan persyaratan berkasnya secara lengkap,” tutur Hary.

Dalam tahapan seleksi penulisan makalah terdapat 12 peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tahapan asesmen.b“Nama- nama peserta telah diumumkan secara terbuka di website Komnfo,” tutur.

Kementerian Kominfo akan melaksanakan seleksi terbuka ulang dengan waktu yang akan ditentukan kemudian. “Kami membuka seluas-luasnya partisipasi masyarakat untuk mengikuti pelaksanaan seleksi jabatan Direktur Utama BAKTI,” ujar Hary. Keputusan panitia seleksi bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. (iwa)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER