Selasa, 19 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Jelang Hari Waisak 2023, Simak Lima Tips Tokopedia Rayakan Festival Lampion di Candi Borobudu

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Hari Raya Waisak 4 Juni 2023 mendatang merupakan hari besar umat Buddha sekaligus libur nasional. Perayaan Waisak umumnya dilakukan
di vihara atau candi.

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, menjadi salah satu lokasi yang paling populer untuk merayakan Waisak bagi umat Buddha dari seluruh Indonesia maupun mancanegara.

Tahun 2023 ini, perayaan terbesar Waisak akan dilaksanakan melalui festival lampion di Candi Borobudur. Festival tersebut identik dengan pelepasan ribuan lampion kertas yang diterbangkan ke langit.

Masyarakat umum dari segala latar belakang juga dapat mengikuti kegiatan ini. Tingginya antusiasme masyarakat dalam menyambut Hari Raya Waisak 2023 bisa dilihat dari tren penjualan di Tokopedia.

Beberapa produk yang berkaitan dengan Hari Raya Waisak, seperti lampion dan lampu hias, mengalami peningkatan transaksi hampir 70% selama periode jelang
Waisak 2023,” jelas Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, Selasa (30/5).

Tokopedia melalui Ekhel membagikan lima tips serta hal yang perlu diperhatikan masyarakat apabila ingin memanfaatkan momentum libur nasional dengan berwisata dan mengikuti Festival Lampion Waisak Borobudur 2023.

Baca juga: Tokopedia Bagi Cara Merawat Mobil atau Motor Setelah Mudik Lebaran

  1. Rencanakan perjalanan dan anggaran dengan matang.
    Hitung dan tentukan budget yang realistis. Dalam menyiapkan dana Liberian. Ada beberapa pos anggaran yang sebaiknya dipenuhi, mulai dari biaya transportasi, biaya penginapan, biaya konsumsi, biaya tempat wisata, seperti tiket masuk ke Festival Lampion Waisak Borobudur 2023, biaya untuk beli souvenir hingga biaya untuk hal yang tidak terduga.

    Setelah menyiapkan dana liburan, segera pesan tiket transportasi sesuai kebutuhan, yang bisa dilakukan lewat Tokopedia Travel. “Pemesanan tiket pesawat dengan destinasi Yogyakarta (berjarak 38-40 km dari Candi Borobudur) melalui Tokopedia mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir 1,5 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di 2022,” jelas Ekhel.
  2. Jangan lupa bayar tagihan sebelum pergi liburan
    Ketika ada banyak tagihan, kita kadang lupa mana tagihan yang sudah dibayar dan yang belum. Implikasinya bahkan bisa kena denda ketika akhirnya lupa bayar tagihan tertentu.

    Manfaatkan fitur Kelola Tagihan di Tokopedia sebelum bepergian saat libur nasional agar pikiran lebih nyaman saat perjalanan liburan.
  1. Hindari membawa terlalu banyak barang, utamakan bawa payung atau jas hujan.
    Seluruh barang bawaan ketika mengunjungi Festival Lampion Waisak Borobudur 2023 bisa disimpan di wadah yang ringan, seperti ransel, travel pouch dan tas belanja lipat untuk melindungi barang agar tidak terjatuh ataupun hilang,” tambah Ekhel.

    “Sepanjang kuartal I 2023, kami mencatat travel organizer atau pouch menjadi salah satu perlengkapan traveling terlaris di Tokopedia, dengan peningkatan transaksi sebesar hampir 1,5 kali lipat,” ujar Ekhel.
  2. Gunakan busana yang sopan dan pakai jaket atau outer di malam hari
    Kawasan candi merupakan tempat ibadah, maka pengunjung harus memperhatikan pakaian yang dikenakan saat menghadiri Festival Lampion Waisak 2023 di Candi Borobudur.

    Hindari menggunakan celana pendek dan pakaian tanpa lengan. Selain itu, bawalah jaket atau outer karena udara pada malam hari di kawasan Candi Borobudur cenderung dingin dan berembun.

    “Berdasarkan data internal Tokopedia, baju hangat menjadi salah satu produk terlaris. Peningkatan transaksi sebesar lebih dari 2,5 kali lipat selama kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di 2022,” tutur Ekhel.
  3. Jagalah kebersihan di Festival Lampion Waisak Borobudur 2023
    Siapkan kantong sampah sendiri untuk menghindari membuang sampah sembarangan saat tidak menemukan tempat sampah di lokasi.

    “Kantong sampah cassava (terbuat dari singkong), menjadi salah satu produk kantong sampah ramah lingkungan terlaris di Tokopedia selama periode jelang Waisak 2023 dibandingkan periode sama di 2022,” tutup Ekhel. (nin)

BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER