Selasa, 19 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Huawei Mendorong Percepatan Pengembangan Smart City di Indonesia

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Huawei mendukung pengembangan Smart City di Indonesia di sela-sela perhelatan Indonesia-China Smart City Technology and Investment Expo 2023. Ajang ini bagian dari upaya memperkuat Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-China. ]

Dalam sambutannya pada hari kedua acara, Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara menyambut baik kerja sama erat antara perusahaan Indonesia dan Tiongkok di masa depan untuk mengatasi tantangan perkotaan utama. Terutama dalam menyediakan energi terbarukan.

Juga memastikan pasokan makanan, dan meningkatkan kesehatan masyarakat, untuk penduduk Indonesia yang diperkirakan akan mencapai lebih dari 300 juta pada tahun 2030.

“Kita harus mencari solusi yang dapat membantu kita mengatasi tantangan utama seputar masalah energi, pangan, dan kesehatan. Dalam kaitan itu, kami tentu menyambut baik kerja sama yang saling menguntungkan dengan sektor swasta dan mitra internasional,” kata Erick, pekan lalu.

Baca juga: Bank BNI Dukung Program Smart City dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat

Sementara itu, Guo Hailong, CEO Huawei Indonesia mengatakan, membangun kota yang cerdas dapat membangun landasan yang kokoh bagi smart society menuju perwujudan penting dari daya saing inti sebuah kota.

Saat ini, pengembangan smart city menjadi langkah penting dalam peningkatan kualitas kota. Semakin banyak kalangan pemerintahan berharap untuk mencapai tata kelola kota yang efisien di satu sisi.

Serta mendorong pengembangan industri digital di kota-kota, memberikan dorongan baru untuk peningkatan industri tradisional melalui pembangunan kota pintar.

Sembari berbagi keahlian dan pengalaman Huawei dalam mendukung pengembangan kota-kota berteknologi tinggi di seluruh dunia, termasuk di Shenzhen, China, Guo Hailong juga menyampaikan beberapa faktor utama untuk memastikan percepatan pembangunan kota cerdas.

Ia menggarisbawahi peran utama pemerintah untuk memimpin transformasi masyarakat agar lebih adaptif terhadap perubahan dan siap berderap dalam membangun smart city.

Ia juga mencontohkan, pembangunan smart city harus berbasis ekonomi sehingga dapat meningkatkan vitalitas ekonomi kota dengan model yang sesuai untuk masing-masing kota. Selain itu, perumusan rencana yang sistematis dan pembangunan sistem kapabilitas kota pintar yang lengkap di berbagai tingkatan juga menjadi kebutuhan.

“Secara keseluruhan, kolaborasi multisektoral perlu dibangun untuk mencapai pembangunan kota pintar yang berkelanjutan,” tegas Guo Hailong.

Huawei Indonesia telah lama berkomitmen untuk menjadi pemimpin dalam inovasi dan pengembangan di Indonesia, pendukung digital Indonesia, kontributor ekosistem industri, dan praktisi tanggung jawab sosial. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER