Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

DANA dan Ant Group Umumkan Pemenang Wirausahawan Perempuan Lokal Penganugerahan Program SisBerdaya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | SisBerdaya, inisiatif lokal persembahan DANA dan Ant Group untuk memberdayakan wirausahawan perempuan Indonesia, khususnya ultra-mikro dan mikro, mengumumkan enam pemenang utam di Jakarta.

Kemenangan keenam pemenang utama berdasarkan rencana bisnis mereka yang dipresentasikan selama kompetisi final. Kriteria penilaian mencakup model bisnis, skalabilitas operasional, proyeksi keuangan, hingga inovasi digital seperti pemasaran digital serta kecakapan finalis akan pemanfaatan QRIS.

Setiap pemenang utama berhak untuk mendapatkan hadiah senilai Rp20 juta (untuk kategori usaha ultra-mikro) dan Rp35 juta (untuk kategori usaha mikro).

Hadiah itu sebagai modal usaha yang dapat digunakan untuk mewujudkan rencana bisnis yang mereka bawakan selama proses kompetisi. 

Pogram SisBerdaya juga memberikan penganugerahaan untuk 24 wirausahawan perempuan unggul lain. Mereka akan mendapatkan hadiah berupada modal usaha untuk mengembangkan usaha ke depan.

Menariknya, seluruh pemenang SisBerdaya merepresentasikan jenis usaha yang beragam. Mulai dari tekstil seperti tenun, kriya, makanan kemasan, 

Agustina Samara, Chief People and Corporate Strategy Officer DANA Indonesia mengatakan, sebuah kebanggaan tersendiri bagi kami melihat perkembangan yang begitu pesat dari masing-masing peserta dalam memiliki pemahaman digitalisasi bisnis yang lebih mendalam dan mempersiapkan rencana usaha yang lebih berkelanjutan.

Baca juga: SisBerdaya, Inisiatif Pemberdayaan Perempuan DANA dan Ant Group Menerima Lebih Dari 2.400 Pendaftar

“Program SisBerdaya ikut membuktikan kolaborasi merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi perempuan Indonesia,” kata Agustina, Rabu (31/5).

Ini menandakan awal yang menggembirakan untuk para pemenang dan wirausahawan perempuan unggul dari program ini untuk mewujudkan mimpi dan inspirasinya.

“Kami ingin mendorong seluruh peserta SisBerdaya untuk terus menjalin kedekatan satu sama lain serta dengan komunitas lokal untuk memberdayakan kesuksesan wirausahawan perempuan lainnya,” ungkap Carrie Suen, Senior Advisor, Global Affairs & Sustainability Strategies, Ant Group.

Program SisBerdaya telah berlangsung selama tiga bulan lamanya yaitu sejak Maret hingga Mei 2023. Setelah menjaring lebih dari 2.400 pendaftar di berbagai daerah di Indonesia, 180 pendaftar yang paling menonjol kemudian dipilih untuk mendapat pendampingan selama sebulan.

Juga pelatihan keterampilan dari berbagai ahli dari DANA, Ant Group, Pemerintah, dan mitra dari berbagai industri. 

Edwin Nurhadi, Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan, program ini sejalan dengan program OJK dan Pemerintah.

“Kami juga meminta dukungan dan kerja sama dari Kementerian, Lembaga, dan UMKM untuk bisa bersama-sama bersinergi dalam memastikan peningkatan literasi keuangan. Semua bisa diwujudkan dengan semangat yang sama,” kata Edwin.

Elsya M. S. Chani, Kepala Grup Pengembangan UMKM dan Keuangan Inklusif, Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia (BI) yakin peserta mendapatkan pengetahuan dan cara baru untuk menjadi pengusaha yang berdaya.

“Pemberdayaan UMKM merupakan sebuah usaha yang membutuhkan sinergi seluruh pihak. Harapannya, program ini tidak berhenti, semakin besar, dan terus berlanjut.” kata Elsya.

Guna menciptakan program yang berkelanjutan dan tepat guna, DANA dan Ant Group akan terus memantau kesesuaian rencana usaha seluruh pemenang. Serta menyediakan layanan konsultasi bisnis bersama dengan karyawan DANA apabila diperlukan oleh pemenang terkait. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER