Rabu, 24 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BSI Maslahat Launching Rumah Tahfidz Bina Santri Indonesia di Semarang

BACA JUGA




FinTechnesia.com | BSI Maslahat meluncurkan Rumah Tahfidz Semarang. Wakaf Rumah Tahfidz merupakan program pendidikan dan pelatihan untuk melahirkan penghafal Al Quran dengan kurikulum berjenjang.  

Lokasi Rumah Tahfidz Semarang mempunyai daya tampung sebanyak 7 orang santri. Rumah ini diharapkan mampu fokus membentuk generasi qur’ani dengan kompentensi penunjang lain. 

Tujuan program Wakaf Rumah Tahfidz ini adalah memberikan fasilitas kepada calon muwakif untuk berkontribusi mensyiarkan penghafal Al Quran. Selain itu bisa menciptakan value penghafal Al Quran yang bermanfaat, berkah dan berkelanjutan.  

Program ini juga untuk memproduktifkan aset wakaf ke pengembangan dan pengadaan aset bisnis binaan yang minim risiko. Dengan harapan nilai aset yang terus bertambah.  Selain itu program ini juga menjadi media belajar BSI Maslahat mengelola dan mengembangkan aset wakaf.  

Ketua Umum Pengurus Yayasan BSI Maslahat, Misbahul Munir berharap, dengan Program Wakaf Rumah Tahfidz ini para santri bisa belajar tentang nilai-nilai kebaikan, kejujuran, kerja keras, disiplin dan tolong-menolong.  

Baca juga: BSI dan BSI Maslahat Meresmikan Desa BSI Lebak Banten

“Saya berharap, para santri dapat menjadi teladan yang baik bagi masyarakat sekitar dan dapat memberikan manfaat positif dalam kehidupan mereka,” kata Misbahul, pekan lalu.

Visi & Misi Rumah Tahfidz BSI Maslahat adalah menjadi lembaga Tahfidz Qur’an modern berbasis life skill.  Selain itu untuk mencapai dan meningkatkan kualitas dan lulusan santri yang bisa bermanfaat di masyarakat.  

Juga bisa mencetak generasi yang hafal dan memahami Al Quran serta memiliki akhlak mulia. Di tahap akhir, program ini bertujuan untuk menghasilkan santri yang berwawasan luas di bidang akademik.  

Selain Al Quran, ada beberapa kurikulum Program Rumah Tahfidz diantaranya adalah Bahasa, kepemimpinan, pemahaman akidah, akhlak dan muamalah serta lifeskill.  

Model kegiatan Rumah Tahfidz ini adalah santri boarding dengan melakukan kegiatan yang merujuk ke kurikulum berjenjang dengan target yang telah ditentukan. Selain itu ada juga santri mobile yang melakukan pengajian Al Quran dengan sasaran masyarakat sekitar.  

Dalam program Wakaf Rumah Tahfidz Semarang ini, santri akan tinggal di asrama dengan fasilitas makan, pembinaan, ceramah, wirausaha dan pendampingan.  

Rumah Tahfidz BSI Maslahat merupakan program beasiswa untuk pelajar lulusan SLTP sederajat dengan dua jurusan yaitu Quran dan Entrepreneur dimana santri tidak hanya dibekali pendidikan Quran dan diniyah, juga kepemimpinan dan literasi ekonomi syariah,  

Saat ini BSI Maslahat mempunyai 5 Rumah Tahfidz dengan total santri sebanyak 48 orang. Terletak di Parung, Bogor, Cimahi, Magetan, dan Semarang. Selain itu BSI Maslahat juga mempunyai Rumah Belajar Quran yang mempunyai total santri sebanyak 92 yang ada di Tangerang dan Cipayung.  

BSI Maslahat merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dalam melakukan penghimpunan dan penyaluran dana ZISWAF, CSR dan Dana Sosial yang berpacu pada indikator sustainability. Sehingga pemanfaatan programnya dapat berdampak luas. (jun)   


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER