Selasa, 23 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Keamanan Finansial Jadi Prioritas dari Risiko Penyalahgunaan Data Pribadi, Honest Tawarkan Kartu Kredit Numberless

BACA JUGA


FinTechnesia.com | Honest Card memberikan solusi melalui kartu kreditnumberless jelang libur sekolah. Menurut survei, transaksi kartu kredit cenderung meningkat hingga 30% selama periode liburan dibandingkan periode lain dalam setahun.

Pemesanan tiket dan akomodasi liburan umumnya dilakukan secara online. Konsumen harus memberikan informasi pribadi dan informasi kartu kredit pada saat bertransaksi online.

Sangat penting selalu memeriksa keamanan situs maupun aplikasi yang digunakan
untuk transaksi selama liburan, serta memastikan kode keamanan dan one time password (OTP) tidak dibagikan ke pihak lain.

Tanpa disadari, kebiasaan sehari-hari seperti memberikan kartu kredit saat bertransaksi di restoran atau kafe, tidak sepenuhnya aman. Informasi sensitif yang terdapat di kartu kredit menjadi tidak sepenuhnya berada ditangan konsumen.

Informasi nomor kartu, masa berlaku, kode CVV (card verification value) atau CVC (card verification code) merupakan data penting yang hanya dapat diketahui oleh pemilik kartu kredit.

Baca juga : Ada Ryan Giggs, Maybank Indonesia Meluncurkan Maybank Kartu Kredit Manchester United

Honest Card adalah kartu kredit numberless, tidak ada nomor kartu yang tercantum pada kartu fisik. Sehingga pelanggan dapat leluasa bertransaksi di restoran, kafe maupun lokasi belanja lainnya tanpa khawatir informasi kartu diketahui pihak lain.

“Untuk bertransaksi online, pengguna Honest Card dapat melihat detail informasi kartu kredit melalui aplikasi yang dilengkapi dengan keamanan biometrik,” kata Dharu Estiningrum, Presiden Direketur PT Honest Financial Technologies, pekan lalu.

Honest Card menawarkan produk yang memudahkan pelanggan untuk bertransaksi di manapun selama masa liburan. Honest Card memiliki fitur tap to pay. Pelanggan dapat bertransaksi melalui aplikasi tanpa perlu membawa kartu fisik. “Namun tetap menawarkan proteksi yang kuat untuk pengguna kami dalam setiap transaksi mereka,” ujar Dharu.

Indonesia mengalami peningkatan signifikan dalam tingkat penyalahgunaan data pribadi. Jumlahnya mencapai 20,97%, dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 7,96%.

Dengan menghilangkan nomor kartu dan data penting lainnya pada kartu fisik, Honest Card mengurangi risiko data penting tersebut terekspos ke pihak lain. Selain itu, aplikasi Honest memiliki fitur kunci aplikasi yang memungkinkan pengguna mengunci kartu fisik Honest Card jika hilang.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengontrol kartu kredyt mereka
darimana saja kapan saja. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER