Minggu, 21 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Satgas PASTI Temukan 654 Pinjol Ilegal dan 41 Pinpri di April – Mei 2024

BACA JUGA


FinTechnesia.com | Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal atau Satgas PASTI (sebelumnya Satgas Waspada Investasi) pada April – Mei 2024 menemukan 654 entitas pinjaman online ilegal di sejumlah situs dan aplikasi. Satgas juga menemukan 41 konten penawaran pinjaman pribadi (pinpri). Keduanya berpotensi merugikan masyarakat dan melanggar ketentuan penyebaran data pribadi.

Selain itu, Satgas PASTI juga memblokir 129 tawaran investasi ilegal terkait penipuan oleh oknum dengan modus meniru atau menduplikasi nama produk, situs,maupun sosial media milik entitas berizin dengan tujuan untuk melakukan penipuan (impersonation).

Baca juga : Satgas PASTI Blokir 311 Pinjol dan Pinpri Serta Minta Masyarakat Waspadai Modus Lowongan Kerja

“Berkaitan temuan tersebut dan setelah melakukan koordinasi antaranggota, Satgas PASTI telah melakukan pemblokiran dan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk menindaklanjutinya sesuai ketentuan yang berlaku,” terang Sekretariat Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal, Hudiyanto, Selasa (11/6).

Sejak 2017 – 31 Mei 2024, Satgas telah menghentikan 9.888 entitas keuangan ilegal. Rinciannya 1.366 entitas investasi ilegal, 8.271 entitas pinjaman online ilegal/pinpri, dan 251 entitas gadai ilegal.

Satgas PASTI mengingatkan kembali agar masyarakat berhati-hati, waspada, dan tidak menggunakan pinjaman online ilegal maupun pinjaman pribadi karena berpotensi merugikan masyarakat. Termasuk risiko penyalahgunaan data pribadi peminjam.

Masyarakat juga diminta untuk mewaspadai penawaran aktivitas atau investasi dengan modus impersonation di kanal-kanal media sosial, khususnya Telegram. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER