Senin, 22 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Menyiapkan Tabungan Kurban Kini Lebih Mudah dengan Tips Jitu dari blu by BCA Digital

BACA JUGA


FinTechnesia.com | Idul Adha tinggal menghitung hari. Di hari Idul Adha, umat Islam yang memiliki stabilitas finansial, sangat dianjurkan melaksanakan kurban sebagai bentuk ibadah.

Salah satu tantangan yang menyebabkan sejumlah orang memilih menunda pelaksanaan ibadah kurban adalah tingginya harga hewan kurban. Selain itu, kenaikan harga kebutuhan pokok dari waktu ke waktu juga seringkali menjadi beban keuangan tersendiri bagi sebagian orang untuk menyisihkan dana kurban saat Idul Adha datang.

Maka, penting untuk kita bisa membuat rencana anggaran khusus kurban atau bahkan membuat tabungan khusus, sehingga kita bisa menunaikan ibadah ini setiap tahunnya.

Lantas, apa saja langkah-langkah yang harus disiapkan agar dana kurban bisa terkumpul tepat waktu menjelang Hari Raya Idul Adha? Simak beberapa tips.

  1. Buat Perencaan Keuangan Matang. Hal pertama memasukkan perencanaan keuangan untuk kurban kedalam perencanaan keuangan bulanan maupun tahunan kamu. Dalam membuat perencanaan ini, perlu memperhitungkan kembali anggaran untuk kebutuhan harian, alokasi uang untuk ditabung, hingga pengumpulan dana darurat.

    Dengan perencanaan keuangan yang bijak, pelaksanaan ibadah kurban nantinya dapat terlaksana tanpa mengganggu cashflow dan kestabilan keuangan. Sehingga, esensi ibadah dan keberkahan Idul Adha dapat dirasakan lebih sempurna bagi kamu, keluarga dan mereka yang berhak menerima daging hewan kurban.
  2. Sesuaikan Target Jumlah Tabungan Dengan Hewan Kurban yang Ingin Dibeli

    Menetapkan target jumlah dana untuk ditabung, yang sesuai dengan hewan kurban yang ingin dibeli. Pertama-tama, lakukan riset mengenai harga hewan kurban diinginkan. Harga hewan kurban dapat bervariasi tergantung pada jenis, berat, kualitas, dan kondisi hewan.

    Penting mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, sehingga kamu memiliki berbagai referensi harga yang ada di pasaran guna membuat perencanaan keuangan yang lebih akurat dan terukur.Setelah mengetahui perkiraan harga hewan kurban, selanjutnya adalah menghitung jumlah dana yang perlu disisihkan baik secara harian, mingguan, maupun bulanan kedalam tabungan khusus kurban.

    Sesuaikan juga dana tabungan rutin kamu sesuai dengan kemampuan finansialmu ya! Hal lain yang tak kalah penting adalah kamu perlu melakukannya secara disiplin dan konsisten guna memastikan dana terkumpul tepat pada waktunya saat musim pembelian hewan kurban.

    Baca juga : Mudahkan Nasabah Beli Hewan Kurban, Bank Muamalat Berinovasi Lewat Kurban Online
  3. Buat Tabungan Khusus Kurban

    Agar dana kurban dapat terkumpul tepat pada waktunya, kamu perlu membuat tabungan khusus dan memisahkannya dengan tabungan utama. Memisahkan pos-pos keuangan kedalam tabungan terpisah juga bisa membantumu mengelola keuangan jadi lebih teratur, plus memudahkan melihat progres yang telah dilakukan untuk mencapai target dana yang diharapkan. Bisa memanfaatkan fitur bluSaving dari blu by BCA Digital untuk memisahkan pos-pos tabungan dalam satu rekening yang sama.

    Fitur ini akan memudahkanmu menentukan goals keuangan yang ingin dicapai, mengatur jangka waktu yang diinginkan, hingga mengatur berapa dana yang perlu dikumpulkan dalam frekuensi tertentu. Untuk menjaga kedisiplinan dalam menabung, kamu juga bisa mengaktifkan fitur auto debit yang bisa diatur frekuensinya, mulai dari harian, mingguan maupun bulanan langsung dari aplikasi blu.
  4. Sediakan Tabungan Bersama dalam Berencana Menyembelih Sapi Saat Idul Adha.

    Saat Idul Adha, hanya beberapa hewan yang bisa digunakan untuk ibadah kurban, di antaranya adalah hewan kambing, domba, sapi dan unta. Berbeda dengan hewan kurban kambing dan domba yang hanya diperuntukkan untuk satu orang, berkurban dengan hewan sapi atau unta ternyata dapat dilakukan oleh maksimal tujuh orang dengan sistem patungan atau kolektif.

    Sama dengan perencanaan keuangan untuk kurban pribadi yang perlu disiplin, sistem patungan untuk membeli hewan kurban sapi ini juga perlu dilakukan dengan perencanaan yang baik.

    Agar lebih mudah dan aman dalam mengumpulkan dana, kamu bisa membuka tabungan bersama dan tentunya perlu dilakukan pembukuan yang jelas agar setiap orang yang terlibat dapat melihat progresnya secara transparan.

    Buat sobatblu, hal ini dapat lebih mudah dilakukan dengan menggunakan fitur tabungan bersama, bluGether. Dengan fitur ini, masing-masing orang terlibat dapat lebih mudah mengakses jumlah saldo dan melacak transaksi yang dilakukan secara transparan, karena setiap orang akan menerima  pemberitahuan atau notifikasi pada aplikasi blu-nya setiap ada transaksi terjadi. Tak cuma bisa dipakai untuk 7 orang, fitur ini juga memungkinkan 49 nasabah untuk melakukan kolektif dana untuk kebutuhan bersama lain.

Ruli Himawan Nugroho, Head of Marketing Communication BCA Digital mengatakan, melalui aplikasi blu, kami menyediakan fitur-fitur yang mendukung perencanaan keuangan seperti bluSaving, bluGether, bluDeposit, bluInvest, Tracker, Analisis dan fitur lainnya yang dapat dengan mudah diakses dalam satu aplikasi.

“Kami berharap sobatblu dan masyarakat Indonesia dapat merasakan kenyamanan dalam melakukan transaksi perbankan, serta memiliki financial tools yang solutif dan inovatif untuk mengelola finansial sehari-hari maupun mencapai tujuan finansial jangka panjang,” papar Ruli, Jumat (14/6). (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER