Jumat, 19 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Laporan Keuangan Kuartal IV dan Setahun Penuh 2023-2024, Lenovo Catat Laba Bersih 248 Juta, Naik Dua Kali Lipat

BACA JUGA


FinTechnesia.com | Lenovo Group mengumumkan kinerja kuartal keempat dan setahun penuh untuk tahun fiskal 2023-2024. Setelah melanjutkan pertumbuhan di kvartal III, Lenovo Group melaporkan pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahun di semua grup bisnis di kwartał IV.

Pendapatan grup meningkat hampir 10% dari tahun ke tahun menjadi US$ 13,8 miliar. Laba bersih meningkat dua kali lipat dari tahun ke tahun menjadi US$ 248 juta. Gabungan pendapatan non-PC mencapai titik tertinggi dalam sejarah yaitu 45%.

Kinerja kuartal IV grup dan kinerja semester kedua menunjukkan bagaimana Lenovo telah menavigasi penurunan industri tahun lalu. Menangkap peluang pertumbuhan luar biasa dari kecerdasan buatan (AI) dan mempercepat momentum di seluruh bisnis.

Pendapatan fiskal selama setahun adalah US$ 56,9 miliar dan laba bersih sebesar US$ 1 miliar. Dari semester kedua tahun fiskal, Lenovo mencapai pertumbuhan pendapatan dari tahun ke tahun sebesar 6%. Margin bersih pulih dari penurunan dari tahun ke tahun di semester pertama sampai semester kedua. 

Lenovo Grup memimpin di era peluang AI dengan portofolio pocket-to-cloud, ekosistem dan kemitraan yang kuat, serta kemampuan AI yang lengkap.

Sejak mengumumkan strategi AI pada Oktober 2023 di acara tahunan Tech World, Lenovo telah meluncurkan gelombang pertama AI PC serta kemampuan AI yang mencakup perangkat pintar lainnya, infrastruktur pintar, serta solusi dan layanan.

Grup ini mengharapkan AI PC – yang didefinisikan sebagai PC yang dilengkapi dengan agen AI pribadi berdasarkan interaksi alami, komputasi heterogen, basis pengetahuan pribadi, terhubung ke ekosistem aplikasi AI terbuka, dan dengan perlindungan privasi dan keamanan – untuk tumbuh dari posisi premium saat ini.

Produk ini menjadi arus utama selama tiga tahun ke depan, mendorong siklus penyegaran baru untuk industri ini. Hybrid AI juga mendorong permintaan yang lebih besar untuk infrastruktur AI dan pelanggan semakin banyak yang meminta solusi dan layanan AI yang disesuaikan. Terutama konsultasi, desain, penerapan, dan pemeliharaan AI. 

Baca juga : Lenovo Tech Prediction 2023, Ini yang Akan Muncul dari Teknologi di Tahun 2023 dan Ke Depan

Komitmen dan investasi Lenovo yang berkelanjutan dalam inovasi, yang berfokus pada teknologi utama AI dan komputasi, membantunya mewujudkan visinya ‘Smarter AI for All’ dan memimpin lebih jauh di era AI. Pada tahun fiskal yang lalu, grup mencapai rekor persentase tertinggi untuk jumlah karyawan R&D sebesar 26,2%, serta rasio biaya R&D terhadap pendapatan sebesar 3,6%.

Ke depan, grup terdorong oleh kinerja dan momentum di semester kedua tahun fiskal ini dan optimistos dengan prospek tahun depan. Mereka akan terus memimpin dalam bidang AI, berinvestasi dalam inovasi, dan memanfaatkan peluang baru yang dihadirkan oleh AI hybrid seiring dengan percepatan pertumbuhan dan peningkatan profitabilitas yang berkelanjutan di seluruh bisnisnya. 

Dewan Direksi Lenovo mengumumkan dividen final sebesar 3,8 sen dolar AS atau 30 sen HK per saham untuk tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2024. 

Ketua dan CEO Lenovo, Yuanqing Yang mengatakan, hasil kuartal keempat Lenovo dengan jelas menunjukkan pihaknya tidak hanya melanjutkan pertumbuhan di seluruh bisnis, juga momentum bisnis kami semakin cepat, didorong oleh peluang baru yang dibawa oleh AI hybrid.

“Didorong oleh strategi transformasi cerdas kami dan investasi bertahun-tahun dalam inovasi, kami telah membangun kemampuan AI yang lengkap dan berada di garis depan dalam mempelopori pasar AI PC yang revolusioner,” ujar Yuanqing, Jumat (21/6). (jun)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER