Jumat, 19 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Jadikan Bisnis Lebih Ramah Lingkungan, Lazada Gandeng Orderan Tepat Waktu (OTW) untuk Operasional Kurir

BACA JUGA


FinTechnesia.com | Sejak 1996, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menginisiasi Program Langit Biru. Program ini bertujuan untuk mengendalikan dan mencegah pencemaran udara dari sumber tidak bergerak (industri) maupun sumber bergerak (kendaraan bermotor).

Untuk mendukung program tersebut, Lazada Indonesia memiliki berbagai inisiatif keberlanjutan. Salah satunya dengan menjalankan operasional logistik lebih ramah lingkungan Blue Vehicle melalui kemitraan dengan PT OTW Sinergi Niaga (Orderan Tepat Waktu – OTW) yang seluruhnya menggunakan armada sepeda motor berbasis listrik.

“Lazada memang sejak lama berkeinginan membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Kami terus mengembangkan Blue Vehicle, armada pengiriman paket yang berbasis listrik dan lebih ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada, termasuk melalui kolaborasi dengan OTW,” ujar Chief Business Officer Lazada Indonesia, Stefan Winata, Jumat (28/6).

Kolaborasi Lazada dengan OTW dberfokus pada konsumen yang tinggal di area Tangerang, Banten hingga ke Bogor dan Bekasi, Jawa Barat. 

Baca juga : Gandeng Pialang Asuransi, Bahtera Wahana Tritata (BWT), Lazada Tebar 2.500 Voucher Diskon di Momentum 11.11

“OTW memang didirikan di tahun 2023 dengan visi mengurangi emisi karbon dalam pengiriman paket melalui penggunaan kendaraan listrik. Kerja sama dengan Lazada menjadi salah satu bentuk perwujudan kami mencapai visi ini,” kata Chief Executive Officer OTW, Gary Prawira.

Penggunaan kendaraan listrik tidak hanya menekan dampak lingkungan pada operasional logistik, juga mendorong efisiensi yang memberikan keuntungan pada mitra kurir.

“Sejak penggunaan kendaraan berbasis listrik, kurir kami dapat menghemat waktu dan energi. Pengisian daya kendaraan dapat dilakukan dengan mudah di mana saja selama perangkat dan daya listrik mendukung. Selain itu, pemakaian kendaraan listrik dapat mengeliminasi biaya bensin yang berujung pada pendapatan mitra kurir yang lebih menguntungkan,” tambah Gary. 

Dengan rata-rata biaya pengisian daya hingga penuh sebesar kurang dari Rp 5.000 kendaraan berbasis listrik mitra kurir bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer. Jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan bahan bakar bensin.

Di semua fasilitas logistik (hub) OTW yang melayani pengiriman paket ke konsumen Lazada tersedia fasilitas pengisian daya kendaraan ini. Menjadikan kurir bisa mengisi daya kendaraan sembari melakukan pemuatan paket yang akan dikirimkan ke konsumen. (nin)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER