Jumat, 19 Juli 2024
FINTECHNESIA.COM |

Ini Lima Cara Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dengan CRM

BACA JUGA


FinTechnesia.com – Meningkatkan pengalaman pelanggan adalah salah satu strategi kunci untuk mempertahankan dan memperluas basis pelanggan.

Perusahaan yang mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang baik cenderung memiliki pelanggan yang lebih puas, setia, dan bersedia merekomendasikan produk atau layanan mereka kepada orang lain.

Artikel ini akan membahas lima cara meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menggunakan CRM (Customer Relationship Management), termasuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memanfaatkan WhatsApp CRM software.

Peran Pengalaman Pelanggan di Digital Marketing

Secara singkat, pengalaman pelanggan (customer experience) adalah persepsi dan interaksi yang dirasakan oleh pelanggan saat berinteraksi dengan perusahaan. Pengalaman ini mencakup semua aspek yang dirasakan pelanggan ketika berinteraksi dengan perusahaan, mulai dari pertama kali mengenal brand perusahaan, berkomunikasi dengan tim customer service perusahaan tersebut, proses pembelian produk maupun jasa, hingga interaksi keduanya pasca proses pembelian.

Tim customer service memiliki peran sangat dalam menjaga interaksi dengan pelanggan dan memastikan terwujudnya customer service yang baik. Tugas customer experience adalah memastikan bahwa pelanggan puas dengan produk dan layanan perusahaan dengan cara antara lain menyediakan layanan pelanggan yang responsif, menjaga hubungan dengan pelanggan dengan memberikan informasi yang relevan dengan kebutuhan pelanggan, serta memastikan semua interaksi pelanggan konsisten dan sesuai dengan guideline perusahaan.

Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang ini, digital customer experience sangat diperlukan karena dengan banyaknya bisnis digital menjamur di dunia maya, pelanggan mengharapkan pelayanan yang cepat dan mudah diakses. Jika sebuah bisnis sulit dihubungi atau memberikan respons yang lambat, pelanggan akan dengan mudah beralih berbelanja ke tempat lain.

Alasan Pengalaman Pelanggan di Perusahaan

Berikut adalah beberapa alasan mengapa perusahaan wajib meningkatkan pengalaman pelanggan.

  1. Meningkatkan kepuasan pelanggan: pengalaman pelanggan yang positif dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, yang pada gilirannya dapat meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas brand.
  2. Meningkatkan reputasi perusahaan: perusahaan yang menerapkan strategi menciptakan pengalaman pelanggan yang baik cenderung memiliki reputasi yang lebih baik di mata publik. Reputasi perusahaan yang baik dapat menarik lebih banyak pelanggan baru dengan mudah karena mereka percaya produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan tersebut berkualitas tinggi.
  3. Meningkatkan pendapatan: pelanggan yang puas cenderung melakukan repeat order dan merekomendasikan produk perusahaan tersebut kepada orang lain, bahkan ke orang-orang terdekatnya seperti sahabat dan anggota keluarga. Tentunya promosi secara gratis ini dapat meningkatkan pendapatan.

Strategi Peningkatan Pengalaman Pelanggan

Setelah memahami tentang pengalaman pelanggan dan pentingnya penerapan pengalaman pelanggan di dalam perusahaan, bagian selanjutnya akan membahas mengenai strategi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pengalam pelanggan.


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER