Aktivitas Digital Masyarakat Dorong Pertumbuhan Trafik Data Telkomsel Saat Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

22

FinTechnesia.com | Opererator telekomunikasi banjir trafik saat periode Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Terurama trafik dari aplikasi digital.

Telkomsel menemukan sejumlah aplikasi digital seperti Telegram, Netflix, MAXstream, TikTok, WhatsApp, dan Instagram sebagai enam platform yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap trafik penggunaan layanan data. Platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan. Proporsi 30,19% dari total jenis layanan berbasis data selama Natal dan Tahun Baru.

Lalu video, communications, games, dan e-commerce. Secara berurutan memiliki proporsi 28,27%, 19,58%, 2,64%, dan 1,85%.

Berdasarkan pembagian wilayah, Sumbagut (Sumatera bagian utara) terdiri dari provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam mengalamk kenaikan trafik layanan data tertinggi, yaitu sekitar 20,61%.

Setelahnya Jawa Tengah mencatatkan peningkatan payload sebesar 17,64%. Sulawesi, Sumbagsel atau Sumatera bagian selatan (Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu), dan Balinusra (Bali, Nusa Tenggara) melengkapi posisi lima besar dengan pertumbuhan trafik layanan data masing-masing 15,82%, 15,63%, dan 14,68%, dibandingkan payload pada hari biasa sepanjang 2020.

“Ragam inovasi layanan digital Telkomsel berguna dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini semakin memacu kami menghadirkan inovasi layanan berbasis digital yang lebih memberikan dampak dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat di setiap fase kehidupan,” ungkap Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro, Minggu (3/1). (eko)