BRI Salurkan Pinjaman Melalui OVO, Maksimal Rp 20 Juta

26

FinTechnesia.com | Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggandeng OVO menghadirkan layanan pinjaman digital bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yaitu DigiKu. Direktur Konsumer BRI, Handayani mengungkapkan, saat ini UMKM memberikan kontribusi 68% terhadap produk domestik bruto (PDB) dan 97% bagi penyerapan tenaga kerja nasional.

“MoU ini diharapkan membantu meningkatkan penetrasi produk dan layanan digital produk BRI terhadap pelaku UMKM di Indonesia,” ujar Handayani, Kamis (19/11).

Kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara bank dan financial technology (fintech) dalam rangka memberikan kemudahan akses pelaku UMKM menjadi merchant dan pengguna OVO. Melalui fasilitas pinjaman modal yang tersedia melalui aplikasi BRI Ceria, dengan proses cepat dan sepenuhnya digital

Natasha Ardiani, VP Lending OVO menambahkan, dari 64,2 juta UMKM di Indonesia, lebih dari 70% belum dapat mengakses pinjaman modal untuk menjaga kelangsungan usaha dan selanjutnya berekspansi. 

Melalui kerjasama ini, OVO berharap membuka akses terhadap modal kerja dan pinjaman bagi UMKM pengguna OVO. Produk pinjaman digital DigiKu yang dipasarkan melalui aplikasi BRI Ceria memungkinkan para UMKM dan pengguna OVO memperoleh tambahan modal hingga Rp 20 juta dengan tenor sebulan hingga 12 bulan. 

Seluruh proses pengajuan berlangsung secara digital melalui aplikasi, menggunakan digital verification, credit scoring, dan digital signature. Pemberian pinjaman modal tetap memegang prinsip kehati-hatian dengan melakukan assessment seberapa besar kebutuhan sesungguhnya dari merchant dan pengguna OVO. (eko)