BukuKas Gaet Pendanaan Seri A Senilai US$ 10 Juta

17

FinTechnesia.com | BukuKas, platform dan aplikasi untuk digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, mengumumkan putaran pendanaan Seri A senilai US$ 10 juta. Pendanaan dipimpin oleh Sequoia Capital India.

Investor sebelumnya, yaitu Saison Capital, January Capital, Founderbank Capital, Cambium Grove, Endeavor Catalyst dan Amrish Rau juga turut berpartisipasi dalam ronde tersebut. Pasca putaran pendanaan terbaru itu BukuKas telah menghimpun dana US$ 22 juta. 

Suntikan dana akan digunakan untuk mempercepat akuisisi merchant, memperkuat tim engineering dan produk BukuKas di kedua kantor, yaitu Jakarta dan Bangalore, India. BukuKas juga akan memperluas jangkauan layanan kepada pedagang-pedagang agar sejalan dengan visi perusahaan. Yakni menyediakan software yang menyeluruh bagi pelaku usaha kecil dan menengah. 

“Putaran ini langkah penting bagi kami terus bekerja menuju misi kami untuk memberdayakan 60 juta pedagang kecil dan pengecer di Indonesia agar mereka beralih ke digital,” kata CEO dan Co-Founder BukuKas, Krishnan Menon, pekan lalu.

BukuKas diluncurkan pada Desember 2019 dan diinkubasi oleh Whiteboard Capital. Dalam satu tahun sejak diluncurkan, BukuKas telah menjadi platform terdepan unuk mengelola keuangan dan bisnis para pelaku UMKM di Indonesia.

Hingga November 2020, BukuKas memiliki 3,5 juta pedagang kecil dan pengecer yang terdaftar sebagai pengguna aplikasi serta melampaui 1,8 juta pengguna aktif bulanan. Di bulan November 2020, pengguna BukuKas telah tercatat memiliki transaksi senilai US$ 17,4 miliar setiap tahun menggunakan platform ini. Setara dengan lebih dari 1,5% produk domestik bruto (PDB) Indonesia. (sya)