Damri Optimalkan Pelayanan Melalui Fleet Management System Berbasis Digital

20

FinTechnesia.com | Memasuki ulang tahun ke 74, DAMRI melakukan pembenahan lewat manajemen berbasis digital. Hal ini seiring perkembangan industri transportasi modern 4.0.

Dalam rilis, Senin (23/11), setelah mengembangkan berbagai aplikasi yang memudahkan pelanggan, kali ini DAMRI menerapkan DAMRI Fleet Management System. Langkah ini akan semakin mengoptimalkan kinerja operasional dan proses

DAMRI Fleet Management System (DFMS) mengacu pada teknologimij dan memastikan produktivitas kinerja armada DAMRI. Sistem ini memberikan visibilitas secara mendetail terhadap aktivitas kendaraan. Data pemantauan tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan terpercaya untuk mengoptimalkan armada.

DAMRI Tracking System atau sistem pelacakan menempatkan perangkat GPS (Global Positioning System/Sistem Pemosisi Global) pada setiap armadm, afarmengetahui lokasi akurat. Selain GPS, pemasangan CCTV pada setiap bus membantu untuk memantau setiap aktivitas di dalam bus guna mencegah hal yang tidak diinginkan.

Dengan pemasangan kedua alat tersebut, DAMRI memiliki DAMRI Central Control Room (DCCR) yang berada di Kantor Pusat maupun Kantor Cabang untuk mengamati dan mengendalikan kondisi operasional. DCCR juga menginformasikan keadaan bus yang sekiranya perlu untuk melakukan perawatan maupun pergantian onderdil dengan mudah dan cepat. Dalam kondisi tertentu yang tidak diinginkan (force majeure), hal ini mempermudah komunikasi antara tim operasional. Jugagamanajemen untuk respon cepat tanggap.

Selain DFMS, DAMRI juga mengoptimalkan Sistem Informasi Manajemen Administrasi (SIMA) sebagai langkah yang cermat berbasis analisis atas situasi dan kondisi perusahaan, serta tingkat kesiapannya. Hal ini diterapkan dalam rangka melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance.

SIMA DAMRI sendiri terbagi dalam beberapa bagian, yaitu SIMA Teknik, SIMA SDM (Human Resources Information System), SIMA Operasi, SIMA Keuangan, SIMA Umum, dan divisi lainnya. Pemanfaatan teknologi informasi mendukung tujuan dan sasaran organisasi, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaannya. Dengan adanya SIMA DAMRI, manajemen dapat menerapkan prinsip GCG. Seperti transparansi, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kemandirian dan kewajaran.

Dengan pemanfaatan dan penerapan SIMA DAMRI, manajemen mengedepankan integrasi dan transparansi guna mencegah segala bentuk kecurangan atau whistleblowing. Aktivitas di dalamnya antara lain termasuk penyusunan perhitungan data, penyortiran data, pengelompokkan data, dan penyederhanaan data.

Pembenahan perusahaan lewat manajemen berbasis digital DAMRI juga dimaksimalkan lewat pemanfaatan transaksi nontunai. Tiket elektronik dikembangkan melalui beragam saluran, yaitu DAMRI Appsdan Tiket.damri.co.id untuk memudahkan pengguna untuk mengecek jadwal bus hingga pembelian tiket melalui genggaman telepon pintar Selain itu, tiket DAMRI juga dapat dibeli melalui saluran agen perjalanan digital seperti Redbus dan Traveloka.

Dengan sistem perlindungan pembayaran 100% aman, DAMRI selalu memperhatikan keamanan transaksi menggunakan RapidSSL untuk mengamankan jaringan dan melindungi akses pelanggan dari pihak yang tidak berkepentingan yang dapat dilakukan melalui beragam pilihan metode pembayaran, seperti Pembayaran kartu debit atau kartu kredit, Link Aja, Gopay, OVO, DANA, Virtual Account maupun transfer bank. (eko)