Good Doctor dan AXA Financial Indonesia Luncurkan Layanan Telekonsultasi Kesehatan Mental Gratis

26

FinTechnesia.com | Good Doctor Technology Indonesia dan AXA Financial Indonesia meluncurkan program Telekonsultasi Kesehatan Mental AXA gratis untuk para pemegang polis asuransi AXA Financial Indonesia. Peluncuran layanan ini diharapkan turut memberikan solusi terhadap masalah kesehatan mental di Indonesia, yang menjadi kian penting dalam situasi
pandemi COVID-19.

Melalui program ini Good Doctor dan AXA Financial Indonesia mendorong setiap orang mendapatkan bantuan profesional dan pemeriksaan kesehatan mental mereka dengan tepat.
Pandemi COVID-19 menimbulkan ketidakpastian yang berdampak pada masalah kesehatan
mental yang terus meningkat. Namun kondisi ini cenderung tidak diperhatikan atau diabaikan.

Baru-baru ini, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI)1 melakukan
survei swa periksa (self check) psikologis. Diikuti oleh 4.010 responden dari seluruh Indonesia. Hasil survei menunjukkan bahwa 65% dari responden mengaku memiliki kecemasan, 62% mengalami depresi, dan 80% menunjukkan gejala trauma psikologis yang disebabkan pengalaman tidak menyenangkan terkait pandemi.

PDSKJI juga menyebut, orang yang melakukan konsultasi kesehatan mental kerap mendapat stigma negatif. Yang menyebabkan mereka tidak nyaman untuk mengecek kesehatan mental mereka.

Sementara itu dari segi ketersediaan tenaga psikolog, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia (IPK)3
menyebutkan jumlah psikolog klinis yang tersebar di Indonesia saat ini hanya sebanyak 2.782 orang. Dari sisi persebarannya terpusat di kota-kota besar.

Hampir 70% di Jawa dan sebanyak 20% terkonsentrasi di Jakarta. Dengan jumlah ini, berarti hanya terdapat 1 psikolog untuk 90.000 orang di Indonesia. Padahal standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah 1 tenaga psikolog melayani 30.000 orang.

Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia mengatakan, perubahan drastis di elemen masyarakat yang disebabkan pandemi COVID-19 menyebabkan lonjakan pada masalah kesehatan mental. “Terbukti jumlah konsultasi psikolog di aplikasi kami meningkat 7 kali lipat dibandingkan bulan April atau awal pandemi. Kami percaya dengan teknologi, kami dapat menjangkau lebih banyak individu yang membutuhkan bantuan tenaga profesional kesehatan mental cukup melalui smartphone,” terang Danu, Kamis (15/10).

Melihat adanya kebutuhan dan keterbatasan nasabah di masa pandemi ini, AXA Financial Indonesia berupaya mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan nasabah.
“Untuk itu, kami bekerja sama dengan Good Doctor, memberikan solusi yang menawarkan kemudahan, keamanan dan akses, melalui platform digital yang profesional, memiliki kredibilitas dan berkualitas,” ujar Niharika Yadav, Presiden Direktur AXA Financial Indonesia.

Pada kemitraan ini, Good Doctor ditunjuk sebagai penyedia telemedis menjawab
pertanyaan kesehatan mental jutaan pengguna asuransi AXA Financial Indonesia. Mencakup konsultasi tanpa batas dengan Dokter Umum dan 3 kali konsultasi dengan psikolog dalam kurun waktu 3 bulan bebas biaya atau gratis. Layanan konsultasi dapat diakses melalui
aplikasi Grab dengan mengklik fitur “Kesehatan” atau “Health”, yang akan mengarahkan
pengguna ke layanan Good Doctor. (eko)