Institusi Amerika Kucurkan Debt Facility Sebesar US$ 21 Juta ke Pintek

24

FinTechnesia.com | Bisnis financial technology (fintech) Indonesia masih menyisakan banyak peluang. Itu sebabnya berbagai investor mengucurkan dana. Salah satunya ke Pintek.

Perusahaan fintech yang memberikan pembiayaan pendidikan untuk siswa dan lembaga pendidikan, mendapatkan debt facility sebesar US$ 21 juta. Fasilitas itu dari Accial Capital, private debt investor yang berbasis di Amerika Serikat.

Melalui debt facility ini, Pintek dan Accial Capital berharap mempercepat penetrasi pembiayaan pendidikan. Dan berkontribusi pada ekosistem pendidikan yang lebih terjangkau dan inklusif di Indonesia.

Pintek memberikan solusi keuangan bagi keluarga mengakses semua jenjang pendidikan dan pelatihan kejuruan melalui program cicilan. Selain itu, memberikan solusi bisnis keuangan untuk lembaga dan pemasok pendidikan, mendukung investasi mereka dalam infrastruktur dan alat teknologi.

Ioann Fainsilber, CEO SoCap & Co-Founder Pintek, mengatakan dalam situasi yang penuh tantangan saat ini, lembaga pendidikan perlu mengadaptasi teknologi untuk mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh bagi siswa. Namun, karena kurangnya sumber daya keuangan, implementasi teknologi di sektor pendidikan menjadi tantangan. “Kami membuat produk untuk membantu ekosistem pendidikan Indonesia pada titik kritis saat ini,” kata Ioann, Senin (11/1).

Tommy Yuwono, Co Founder dan Direktur Utama Pintek menambahkan, pihaknya mendukung program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait penerapan digitalisasi sekolah sebagai upaya mempersiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi era industri 4.0. “Hal ini memungkinkan kami memberikan solusi pembiayaan cerdas bagi lembaga pendidikan untuk memaksimalkan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar Sekaligus mencapai pendidikan 4.0,” terang Tommy.

Michael Shum, Chief Investment Officer Accial Capital mengatakan, sebagai private debt investor yang berfokus pada dampak global, pihaknya melihat betapa penting sistem pendidikan yang kokoh bagi pembangunan ekonomi di suatu negara.

Sebelimnya di Desember 2020, Pintek menerima pendanaan dipimpin oleh Finch Capital, dengan partisipasi dari Accion Venture Lab dan investor lain. Sehingga total ekuitas yang dikumpulkan oleh Pintek menjadi US$ 5 juta. (mrz)