Meningkatkan Layanan Satelit, BRI Gandeng Telkom

21

FinTechnesia.com | PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meneken nota kesepahaman dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) terkait kolaborasi layanan teknologi berbasis satelit. Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, kementerian mendorong agar sesama BUMN saling mendukung menciptakan nilai tambah bagi setiap perusahaan BUMN. “Agar memberikan yang terbaik kepada pelanggan dan seluruh masyarakat Indonesia,” kata Erick.

BRI memperkuat infrastruktur bidang teknologi informasi sebagai business enabler, khususnya dalam pemanfaatan teknologi satelit. Di sisi lain, TelkomGroup berupaya mewujudkan harapan Kementerian BUMN dalam hal penguatan digitalisasi BUMN.

Dalam bisnis satelit, BRI merupakan satu-satunya bank yang mengoperasikan satelit di Indonesia. Sedangkan Telkom dikenal sebagai penyedia layanan satelit terbesar di Asia Tenggara.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah mengatakan, melalui nota kesepahaman ini Telkom dan BRI saling mendukung aktivitas operasional dan memberikan nilai tambah pada masing-masing perusahaan. “Kami siap mendukung peningkatan kualitas dan kapabilitas layanan BRI demi memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia,” ujar Ririek.

Direktur Utama BRI, Sunarso menambahkan, kerjasama dengan Telkom langkah strategis BRI guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional. “Sehingga pelanggan dan masyarakat dapat merasakan peningkatan kualitas layanan BRI,” kata Sunarso.

Kesepahaman Telkom dan BRI mencakup pemanfaatan saling menguntungkan. Baik sewa, atau model bisnis lain atas kapasitas-kapasitas satelit TelkomGroup.

Juga perencanaan pengembangan bisnis, desain, dan implementasi layanan berbasis satelit. Serta pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi pengembangan karyawan di bidang satelit. (mrz)