Operator Telekomunikasi Mulai Menyalurkan Bantuan Kuota Data Internet

25

FinTechnesia.com | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai meyalurkan bantuan kuota data internet mulai 22 September 2020. Bantuan kuota itu melalui operator telekomunikasi untuk pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan,Telkomsel sejak awal pendemi menghadirkan program bersama sejumlah platform pendidikan e-learning serta institusi pendidikan formal di Indonesia dalam menyediakan produk dan layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat. “Serta memastikan kesiapan kualitas dan kapasitas jaringan broadband sebagai penunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh,” kata Anto – sapaan Setyanto, Jumat (25/9).

Penyaluran bantuan kuota data internet tahap 1 telah dilaksanakan oleh Telkomsel pada 22-24 September 2020. Tujuan penerima manfaat sudah sesuai data yang telah terdaftar dan terverifikasi di sistem Kemendikbud. Adapun proses keseluruhan penyaluran bantuan kuota data internet tersebut dibagi ke beberapa tahap setiap bulan.

Bantuan kuota data internet dibagi atas Kuota Umum dan Kuota Belajar. Kuota Umum merupakan kuota data yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. Sedangkan Kuota Belajar hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran yang terdaftar dalam tautan http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/.

Baca juga: Operator Seluler Tanda Tangani Kerjasama dengan Kemendikbud

Memastikan ketersediaan akses jaringan broadband yang nyaman dan merata, termasuk mendukung belajar jarak jauh, hingga kuartal III tahun ini, Telkomsel mengoperasikan tambahan 23.000 unit base transceiver station (BTS) 4G LTE dari 25.000 unit BTS 4G LTE baru yang telah ditargetkan hingga akhir tahun.

Penambahan BTS 4G LTE baru tersebut memperkuat lebih dari 228.000 unit BTS Telkomsel. Kini elah melayani sekira 95% populasi masyarakat dan menjangkau hingga pelosok negeri.

Telkomsel juga memprioritaskan penambahan BTS 4G LTE tersebut untuk melayani cakupan area residensial dan permukiman padat. Bersama BAKTI Kominfo, Telkomsel juga telah merampungkan konektivitas 4G LTE di 1.083 BTS USO. Melayani kebutuhan akses broadband di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar) hingga kawasan perbatasan di seluruh Indonesia.