Opsi Pembayaran Digital Bisa Tingkatkan Transaksi E-Commerce

17

FinTechnesia.com | Kemudahan berbelanja online selama pandemi membuat e-commerce dan transaksi keuangan digital semakin menjadi pilihan. Riset Kredivo dan Katadata Insight Center menunjukkan peningkatan adopsi digital dan keyakinan konsumen untuk bertransaksi dalam nominal besar.

Dari riset yang sama, peningkatan aktivitas transaksi digital didukung Generasi Z dan milenial berkontribusi sebesar 85% dari total transaksi. Meski demikian, semua kelompok umur tetap terbuka untuk bertransaksi online.

Terlihat jumlah transaksi rata-rata per orang per tahun yang hampir sama, yakni 17-20 kali dalam setahun berapapun usianya.

General Manager Kredivo Indonesia, Lily Suriani menyampaikan, berdasarkan data internal Kredivo pada September 2020 jumlah transaksi pengguna dan rata-rata nilai pembelanjaan (AoV) melebihi angka pre-COVID. “Konsumen memiliki keberanian berbelanja. Apalagi jika distimulasi berbagai program yang menarik dan meringankan pembayaran,” kata Lily, Senin (19/10).

Kredivo menghadirkan opsi pembayaran berkala saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) sepanjang akhir tahun 2020 dengan bunga 0% untuk tenor 3 dan 6 bulan. Kemudahan akses keuangan ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat meski pandemi masih berlangsung.

Kehadiran berbagai hari spesial belanja sepanjang kuartal IV 020 ini diharapkan meningkatkan minat dan kepercayaan masyarakat di tengah pemulihan ekonomi nasional. “Pertumbuhan GMV diperkirakan mencapai 50% dari kuartal III 2020.“ tambah Lily. (sya)