Pandemi, Penggunaan Smartphone untuk Streaming Meningkat

17

FinTechnesia.com | Popularitas layanan streaming over the top (OTT) meningkat sejak konsumen lebih sering mencari hiburan on-demand. Platform analitik pemasaran aplikasi global, Adjust. menunjukkan terjadi perubahan mendasar dalam pola konsumsi ke arah mobile.

Sebanyak 84% pengguna di berbagai negara yang disurvei menggunakan smartphone untuk streaming konten dalam jumlah yang sama. Bahkan lebih banyak sejak ada pembatasan sosial.

Secara rata-rata, lebih dari setengah pengguna (52,5%) mengatakan, lebih banyak melakukan streaming melalui ponsel pintar sejak pembatasan sosial. Hanya 12% pengguna yang lebih sedikit melakukan streaming, artinya jumlah pengguna yang menggunakan smartphone untuk streaming konten video empat kali lipat lebih banyak.

Riset konsumen yang melibatkan 8.000 responden di Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, Turki, Jepang, Singapura, Korea, dan Tiongkok, Laporan Streaming Seluler 2021 menemukan, kebiasaan streaming semakin populer di berbagai generasi di negara mobile-first. Secara keseluruhan, hampir 90% pengguna berusia 55 tahun ke atas di Tiongkok (89,8%) dan di Turki (88,9%) mengatakan, mereka streaming melalui ponsel setiap hari atau setidaknya lebih dari sekali sepekan.

“Perubahan signifikan dalam rutinitas streaming seluler di seluruh dunia dan lintas generasi telah menciptakan peluang yang luar biasa bagi industri periklanan dan menciptakan peran baru bagi analytics seluler,” kata Gijsbert Pols, Lead Product Strategist Adjust, Selasa (23/2). (sya)