Pintek Mengajak UKM Pendidikan Memaksimalkan Potensi Bisnis Melalui SIPLah

11

FinTechnesia.com | Pintek terus mendukung pengembangan usaha kecil menengah (UKM) pendidikan melalui program Sistem Pengadaan Informasi Sekolah (SIPLah). Perusahaan teknologi finansial yang menyasar pembiayaan untuk sektor pendidikan ini mengajak UKM mengembangankan potensi bisnis yang lebih optimal bersama SIPLah. Sekaligus mengedukasi UKM yang belum tergabung untuk memanfaatkan program SIPLah dalam pemasaran penjualan secara daring.

Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk dapat digunakan dalam pengadaan barang dan jasa sekolah yang dilakukan secara daring melalui mitra marketplace SIPLah. SIPLah diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan efektivitas serta pengawasan pengadaan barang dan jasa sekolah yang bersumber dari dana BOS.

Sistem ini yang memfasilitasi UKM yang bergerak di bidang pendidikan untuk menyediakan kebutuhan sekolah. Seperti buku, seragam, barang elektronik, dan perlengkapan kebutuhan lainn.

Berdasarkan data oleh Kementerian Koperasi dan UKM ada total 64 juta UMKM di Indonesia. Tapi hanya 8% yang terdaftar di marketplace. Untuk itu, Kemenkop UKM mendukung terwujudnya digitalisasi UKM pada setiap strateginya, salah satunya adalah mendukung UKM untuk bergabung di salah satu mitra marketplace SIPLah.

“Kami berharap produk Pintek dapat membantu permodalan UKM dalam memenuhi kebutuhan maupun permintaan dari sekolah,” kata Tommy Yuwono, Co-founder dan Direktur Utama Pintek, pekan lalu. (eko)