Saat Ramadan dan Lebaran 2020, Shopee Jadi Situs Belanja Online Terpopuler

30

FinTechnesia.com | Ramadan dan Lebaran merupakan saat berbelanja online paling tinggi dalam budaya masyarakat Indonesia. Selama Ramadan dan Idul Fitri 2020 yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19, berbelanja online semakin menjadi pilihan utama konsumen.Snapcart telah melakukan riset konsumen selama periode Ramadan dan pandemi COVID-19.

Hasilnya, 66% konsumen dari 1.000 responden memilih Shopee sebagai situs belanja online yang paling diingat (top of mind). Data lebih detail, 58% konsumen di Jabodetabek memilih Shopee sebagai situs belanja online yang paling diingat dan 72% konsumen non Jabodetabek.

Menyusul 16% konsumen memilih situs Tokopedia: 19% Jabodetabek dan 12% non Jabodetabek. Kemudian 12% konsumen memilih Lazada: 13% Jabodetabek dan 10% non Jabodetabek. Dan 4% konsumen memilih Bukalapak; 5% Jabodetabek dan 3% non Jabodetabek. Kemudian Blibli, JD.ID, Akulaku, OLX, dan Sociolla.

Hasil riset Snapcart yang berlangsung selama pandemi ini juga menunjukkan, Shopee merupakan situs belanja online paling sering digunakan dalam berbelanja selama Ramadan dan Lebaran 2020 lalu sebesar 66%.

Sebanyak 59% konsumen di Jabodetabek memilih Shopee dalam berbelanja online dan 72% konsumen non Jabodetabek juga memilih Shopee. Sedangkan Tokopedia (15%), Lazada (12%), dan Bukalapak (5%). Disusul JD.ID, Blibli, Zalora, Sorabel, Berrybenka, Qoo10, dan Zilingo.

Menurut Astrid Wiliandry Direktur Snapcart, masyarakat menempatkan Shopee sebagai situs yang paling diminati berbelanja saat Ramadan yang bertepatan dengan pandemik karena banyak faktor. Saat kebijakan physical distancing masyarakat mencari opsi lain yang lebih aman bagi mereka untuk tetap memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan dari rumah.

Shopee unggul karena ragam produk lebih menarik dan tawaran harga lebih kompetitif. “Selain itu, Shopee melengkapi platformnya dengan fitur yang memperpanjang time spent dan engagement. Menjadikan daya tarik tersendiri bagi penggunanya,” ujar Astrid, pekan lalu. (sya)