Saat Wabah Corona, Masyarakat Juga Memperhatikan Kesehatan Keuangan

31

FinTechnesia.com | Di tengah wabah corona, kesehatan fisik tetap menjadi perhatian utama. Visa dalam survei terbaru menemukan, masyarakat Indonesia sangat peduli dengan kesehatan keuangan mereka. Empat dari lima (78%) masyarakat Indonesia setuju bahwa situasi saat ini mengharuskan mereka untuk lebih proaktif dalam perencanaan keuangan, sementara 55% responden mengindikasikan kekhawatiran akan jatuh sakit.

Perencanaan keuangan juga menjadi perhatian utama banyak responden. Sekitar 78% responden Indonesia meyakini mereka harus lebih proaktif dalam mengelola keuangan mereka di masa sekarang. Lebih tinggi dibandingkan responden di Asia Pasifik (74%) dan global (70%).

Responden Indonesia cukup optimis dengan pemulihan ekonomi. Sebanyak 64% percaya bahwa perekonomian akan pulih dengan cepat saat tantangan kesehatan saat ini terkendali. Optimisme yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 40% responden di Asia Pasifik dan 31% responden global.

Tantangan saat ini semakin mempercepat adopsi teknologi digital oleh masyarakat, termasuk di ranah pembayaran, seiring beralihnya konsumen dan pelaku usaha ke perdagangan digital, dan dengan semakin dirasakannya manfaat dari dunia digital yang serba lancar dan terhubung. “Percepatan digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan ini sepertinya akan menjadi sebuah fondasi the new normal,” tambah Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, Rabu (10/6). (sya)