Selama Natal dan Tahun Baru, Penggunaan Jaringan 3 Indonesia Meningkat 15%

19

FinTechnesia.com | Selama libur natal dan tahun baru, 3 Indonesia mencatat peningkatan penggunaan internet sebesar 15%. Dan penggunaan mobile games Garena Free Fire meningkat 80%.

Adanya pembatasan sosial selama perayaan Natal dan Tahun Baru, para pelanggan lebih aktif menggunakan platform digital untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat, atau untuk mengakses hiburan online, seperti mobile games.

“Para pelanggan kami memercayakan jaringan 3 Indonesia untuk mengakses mobile games secara mudah dan cepat,” jelas Chief Technical Officer 3 Indonesia, Desmond Cheung, Rabu (6/1).

3 Indonesia juga mencatat empat aplikasi lainnya yang mengalami lonjakan penggunaan saat Natal dan Tahun Baru dibandingkan hari biasa. Penggunaan Whatsapp meningkat 20%, Tiktok, Instagram, dan Facebook meningkat sebesar 13%.

Pada jam-jam sibuk malam tahun baru, yaitu antara pukul 20.00 WIB pada 31 Desember 2020 hingga 02.00 WIB pada 1 Januari 2021, banyak pengguna 3 menggunakan internet melakukan panggilan video melalui WhatsApp, bermain mobile games serta mengakses media sosial.

3 Indonesia telah melakukan optimasi jaringan di ratusan Points of Interest (POI) di kawasan pemukiman dan titik keramaian. Selain itu, 3 Indonesia menyediakan Cell of Wheels (COW) tambahan di sepanjang tol Jakarta-Semarang, seperti Rest Area Kendal 1 (Km 360), Rest Area Kendal 2 (Km 379), dan Rest Area Saradan (Km 626). Antisipasi tersebut untuk mendukung kebutuhan para pengguna akan kualitas internet. (eko)