Terra Drone Naik ke Peringkat Teratas Penyedia Layanan Drone Dunia

19

FinTechnesia.com | Perusahaan riset & analitik pasar drone komersial Drone Industry Insights (DRONEII) merilis peringkat penyedia layanan drone top dunia tahun 2020. Tahun ini Terra Drone Corporation telah naik ke urutan teratas dalam daftar.

Terra Drone yang berbasis di Jepang berada di urutan kesembilan pada tahun 2018. Sebelum naik ke posisi kedua pada tahun 2019 dan pertama pada tahun ini.

Terra Drone telah memberikan layanan inspeksi dan survei serta layanan pengiriman dan keamanan menggunakan drone untuk membantu mencegah penyebaran COVID-19.

Ke depannya, perusahaan mengembangkan dan menguji Unmanned Traffic Management (UTM) atau manajemen lalu lintas wahana tanpa awak. Strategi ini bekerja sama dengan perusahaan besar.

Perusahaan portofolionya, Unifly, telah menandatangani kontrak dengan penyedia layanan navigasi penerbangan sipil di Kanada, NAV CANADA. Kerjasama ini memberikan solusi UTM di negara tersebut.

Di Eropa, Terra Drone telah berkembang dengan melakukan investasi skala besar di Skytools, sebuah perusahaan layanan drone di Belanda. Serta berkolaborasi dengan perusahaan grup Eropa lain Untuk menyediakan layanan drone berkualitas lebih tinggi kepada perusahaan swasta dan lembaga pemerintah di Eropa.

Perusahaan grup Terra Inspectioneering mendapatkan kontrak inspeksi di ruang terbatas (confined space) di sekitar Belanda dan Belgia. Kontrak dari perusahaan tangki penyimpanan multinasional Belanda, Vopak.

ATLAS C4EYE, drone fixed wing taktis mini yang dikembangkan oleh perusahaan grup C-Astral Aerospace, telah berhasil menyelesaikan Expeditionary Organic Tactical Airborne ISR Capability Set (EOTACS) 2020 yang dilakukan oleh Komando Operasi Khusus AS.

Di Asia Tenggara, Terra Drone Malaysia dibuka Juni 2020. Terra Drone Indonesia telah berkembang secara signifikan dan menyelesaikan banyak proyek. Termasuk pemantauan jalur pipa dan pemeriksaan flare stack untuk perusahaan energi skala besar, seperti Chevron.

Ekspansi di Indonesia juga terlihat dari produk yang baru diluncurkan. Salah satunya Ground Penetrating Radar (GPR) berbasis drone dan survey LiDAR berbasis drone, Terra Lidar, yang dikembangkan oleh Terra Drone Corporation.

Secara global, Terra Drone melayani berbagai industri termasuk pertambangan, minyak, gas, pembangkitan, pertanian, maritim, keamanan dan pertahanan. Di tahun 2021, grup Terra Drone berharap lebih mempercepat transformasi digital dengan drone dan akan memperluas area layanan ke seluruh dunia. (yof)