Terus Perkuat Keamanan, DANA Memperbarui Sertifikasi

14

FinTechnesia.com | Maraknya transaksi digital, menyebankan penyedia platform pembayaean meningkatkan keamanan. Termasuk DANA. Dan baru-baru ini DANA mendapatkan Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard).

PCI-DSS adalah standar keamanan informasi untuk organisasi yang menangani bank penerbit kartu dan jaringan kartu bermerek (VISA, MasterCard, Discover, American Express, JCB) dari skema kartu utama. Sistem kemanan ini dikelola oleh Payment Card Industry Security Standard Council.

Keamanan ini meningkatkan kontrol seputar data pemegang kartu untuk mengurangi penipuan kartu kredit.  Saat ini, DANA menjadi penyedia layanan Level 1. Yakni telah memroses, menyimpan, dan mengirimkan lebih dari 6 juta data pemegang kartu VISA/Mastercard/ Discover setiap tahun.

DANA mengelola kualifikasi dan persyaratan standar PCI-DSS sejak tahun 2018 dan secara berkala memperbaruinya. “Sertifikasi ini penting dalam membangun kepercayaan pengguna dan mitra kami terhadap keamanan aplikasi DANA. Di samping melindungi pengguna dari tindak kejahatan, seperti pencurian data untuk penipuan,” kata Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA, Jumat (23/10).

DANA harus memenuhi 12 persyaratan untuk memperbarui sertifikasi PCI-DSS terakhir. Setelah PCI-DSS versi 3.2.1 menggunakan perusahaan QSA (Qualified Security Assessor) bersertifikat.

Persyaratan meliputi upaya-upaya membangun dan memelihara jaringan dan sistem yang aman, melindungi data pemegang kartu, menjaga program manajemen kerentanan, menerapkan tindakan kontrol akses yang kuat, memantau dan menguji jaringan secara berkala, serta menjaga kebijakan keamanan informasi. (eko)