Walau Pandemi Usai, Masyarakat Akan Tetap Andalkan Digital

17

FinTechnesia.com | Penggunaan internet di Asia Tenggara terus bertumbuh. Tahun ini terdapan 40 juta pengguna baru pada tahun ini saja. Di Indonesia, yang memberlakukan skala lockdown berbeda-beda, pengguna beralih ke internet guna mencari solusi untuk berbagai tantangan yang muncul tiba-tiba.

Laporan e-Conomy SEA yang disusun Google, Temasek, dan Bain & Company Selasa (24/11) mengungkapkan, pengguna mencoba layanan digital baru. DI Indonesia sekitar 37% dari total pengguna layanan digital termasuk dalam kategori baru, lebih tinggi daripada rata-rata Asia Tenggarna. Dan 93% dari mereka berniat untuk melanjutkan perilaku tersebut setelah pandemi.

Baca juga: Ekonomi Internet Indonesia Menyentuh Rp 624,6 Triliun Tahun Ini

Masyarakat Asia Tenggara menggunakan internet rata-rata satu jam lebih lama selama lockdown. Di Indonesia menghabiskan 3,6 jam online untuk penggunaan pribadi sebelum COVID, naik menjadi 4,7 jam pada masa puncak lockdown. Dan sekarang berada di angka 4,3 jam per hari. Dengan 8 dari 10 pengguna menganggapnya sangat membantu selama pandemi, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. (hlm)