Wow, Pengguna Internet Indonesia Mendekati 200 Juta

39

FinTechnesia.com | Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan hasil survei pengguna internet di Indonesia periode 2019-kuartal II 2020. Hasilnya, jumlah pengguna internet di Indonesia hingga kuartal II tahun ini naik menjadi 73,7% dari populasi atau setara 196,7 juta pengguna.

Jamalul Izza, Ketua Umum APJII, menjelaskan kenaikan jumlah penggguna itu antara lain disebabkan beberapa faktor. Seperti infrastruktur internet cepat atau broadband di Indonesia semakin merata dengan Palapa Ring, transformasi digital semakin masif akibat pembelajaran online dan kebijakan bekerja dari rumah (work form home) akibat pandemi Covid-10 sejak Maret lalu.

“Survei ini menggambarkan kenaikan jumlah pengguna internet Indonesia sebesar 8,9%. Setara 25,5 juta pengguna di medio tahun ini,” ujar Jamal, Senin (9/11).

Pengguna di Pulau Jawa masih berkontribusi terbesar terhadap kenaikan jumlah pengguna internet tersebut, yakni 56, 4%. Lalu Sumatera dengan 22,1%. Menyusul Sulawesi 7%, Kalimantan 6,3%, Bali-Nusa Tenggara 5,2%, dan Maluku-Papua 3%.

Kontribusi pengguna yang tinggal di Pulau Jawa naik menjadi 56,4% dari 55,7% di tahun sebelumnya. “Karena pembangunan infrastruktur internet di Jawa terus berkembang. Sehingga pengguna juga bertumbuh,” ujarnya. (yof)