Perlindungan Bayar Tagihan dan Beli Furnitur di Tokopedia

Kantor Tokopedia
Suasana kantor Tokopedia

FinTechnesia | Di era digital, semua pembayaran bisa dilakukan oleh jari tangan. Termasuk pembayaran berbagai tagihan, cukup melalui smartphone atau e-commerce. Namun era digital juga perlu perlindungan, mengantisipasi sesuatu yang tak diinginkan. Maka, Tokopedia menghadirkan layanan Proteksi Tagihan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan perlindungan dalam pembelian produk tagihan yang dibayarkan melalui e-commerce tersebut.

AVP of Fintech Tokopedia, Samuel Sentana, mengungkapkan, Tokopedia menghadirkan layanan Proteksi Tagihan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan perlindungan dalam pembelian produk tagihan, seperti listrik, air dan sebagainya di Tokopedia, hingga 30 hari setelah pembayaran. Layanan ini hanya Rp2.000 dan proses klaim yang mudah. “Dari bulan November 2019 hingga awal Januari 2020, kami mencatatkan peningkatan menjadi lebih dari 3,5 kali lipat dalam jumlah pengguna layanan Proteksi Tagihan,” kata Samuel, dalam rilis, Senin (20/1).

Layanan Proteksi Tagihan berlaku bagi para pengguna yang melakukan pembayaran tagihan listrik PLN, air PDAM, internet dan TV kabel, gas PGN dan Telkom. Jika terjadi ketidaknyamanan seperti pemadaman dan gangguan lain, maka pengguna dapat mengajukan klaim proteksi dan mendapatkan kompensasi sebesar Rp 250.000 untuk setiap 2 jam hingga maksimal Rp 500.000. Selain itu, Proteksi Tagihan meliputi perlindungan akan kebakaran dan/atau pencurian di rumah alamat tagihandengan kompensasi hingga Rp 5 juta.

Selain melindungi kerusakan fisik pada aset barang, layanan Proteksi Tagihan juga meliputi proteksi diri pengguna. Jika pengguna mengalami kecelakaan hingga membutuhkan biaya pengobatan,pengguna bisa mendapatkan ganti biaya rawat inap dengan kompensasi sebesar yang telah ditentukan.

Tokopedia juga menghadirkan layanan Proteksi Furniture yang memberikan jaminan perlindungan atas produk furnitur yang dibeli melalui Tokopedia. Layanan Proteksi Furniture dapat digunakan untuk melindungi furnitur -selama 12 bulan sejak pembelian- dari kerusakan, kehilangan serta risiko kebanjiran, kebakaran, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang dan asap, atau biasa dikenal dengan FLEXAS, yang terjadi pada rumah tinggal yang didaftarkan.

Proteksi ini juga memberikan perlindungan atas kehilangan furnitur akibat perampokan serta kerusakan atau cacat fisik atas furnitur yang diasuransikan akibat kecelakaan atau ketidaksengajaan. Pengguna dapat mengajukan klaim proteksi furnitur dengan harga pembelian maksimal Rp8 juta, sedangkan untuk risiko FLEXAS serta kerusakan pada rumah tinggal yang didaftarkan oleh Pemegang Polis akibat adanya perampokan atau kebongkaran, pengguna dengan pembelian furnitur maksimal Rp10 juta juga bisa mendapatkan ganti rugi. Dari bulan Agustus 2019 hingga awal Januari 2020, Tokopedia mencatatkan peningkatan menjadi hampir 4 kali lipat dalam jumlah pengguna Proteksi Furniture. (frd)