Minggu, 24 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Selain Menggoyang Jakarta, Gempa Bumi Sukabumi Juga Terasa di Daerah-Daerah Ini

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Gempa sempat menggoyang Jakarta pada Selasa (10/3) sore. Berdasarkan rilis resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) episenter atau pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6,81 LS dan 106,66 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km arah Timur Laut Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (Strike-Slip Fault).

Guncangan gempa bumi di daerah Cikidang, Ciambar, Cidahu, Kalapa Nunggal IV – V MMI. Di wilayah ini getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun. Lalu Panggarangan, Bayah III MMI. Jadi getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Di Citeko, Sukabumi II – III MMI. Maksudnya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan, gempa bumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Sebelumnya hari Selasa, 10 Maret 2020 pada pukul 17.09 tercatat gempa pendahuluan dengan magnitude M3.1, Hasil monitoring BMKG menunjukkan hingga pada pukul 18.22 WIB tidak terdapat gempa susulan (aftershock).

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa. Atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali kedalam rumah. (eko)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER