Selasa, 16 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

BNI Syariah Terus Meluaskan Produk BNI Griya Swakarya iB

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Sejak peluncuran pada tahun 2017 lalu, BNI Syariah memiliki inovasi produk pembiayaan rumah berbasis kepemilikan fixed asset, yaitu BNI Griya Swakarya iB Hasanah. Setelah mengembangkan proyek di Bogor dan Sumenep, kini BNI Syariah merambah daerah lain yaitu Pamulang dan Tangerang.

Menurut Direktur Bisnis Ritel & Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi, pada tahun ini BNI Griya Swakarya iB Hasanah terus mengkaji dan mengembangkan pola strategi marketing yang tepat sebagai strategi berbisnis. Seehingga sesuai dengan prinsip awal program ini. Produk ini mempunyai beberapa keunggulan. “Seperti diferensiasi antara bank syariah dengan bank konvensional. Objek Griya Swakarya berupa tanah dan bangunan merupakan aset milik bank,” kata Iwan Abdi, Minggu (17/5).

Pola pengembangan proyek BNI Griya Swakarya iB Hasanah dengan mencari captive market terlebih dahulu. Calon pembeli dapat menyerahkan surat minat kepada BNI Syariah sebagai tanda bukti keseriusan disertakan fotokopi KTP pasangan suami-istri dan booking fee.

Di daerah Pamulang, BNI Syariah mengembangkan perumahanPalm Resort. Lokasi perumahan ini sangat strategis karena dekat area pengembangan jalan BSD-Bintaro. Proyek perumahan dengan luas kurang lebih tiga hektare ini akan dikembangkan menjadi 254 unit rumah dan 7 unit ruko.

Palm Resort merupakan kawasan perumahan dengan konsep one gate system yang dilengkapi berbagai fasilitas serta area komersial. Palm resort menawarkan rumah bernuansa Scandinavia-Modern dengan beberapa tipe mulai dari 1 lantai, mezzanine dan 2 lantai dengan harga unit rumah mulai dari Rp 430 juta.

Sedangkan di Kota Tangerang, BNI Syariah mengembangkan proyek Griya Swakarya di Perumahan Daru Indah, Tangerang berada persis di sebelah stasiun kereta rel listrik (KRL) Daru dengan lebih dari 40 jadwal keberangkatan dan kepulangan ke ibu kota Jakarta. Model rumah berkonsep minimalis modern dengan sentuhan relief islami yang bernuansa asri dan segar, sehingga menambah kesan hommy di dalamnya. Harga tipe 36/72 sebesar Rp 252 juta dengan beberapa fasilitas di antaranya adalah masjid, taman, dan lapangan olahraga.

Untuk meningkatkan penjualan produk Griya Swakarya Palm Resort, Pamulang dan Daru Indah, Tangerang, BNI Syariah menawarkan beberapa promo diantaranya adalah promo pembelian tanpa uang muka untuk 60 pembeli pertama. Kemudian ada pula promo margin spesial, bebas biaya (admin, appraisal dan provisi). Harga rumah sudah termasuk biaya seperti PPn 10%; Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB); Akta Jual Beli (AJB); dan Balik Nama Sertifikat.

BNI Griya Swakarya iB Hasanah merupakan inovasi BNI Syariah. Anak usaha BNI ini merupakan bank syariah pertama yang mempunyai produk pembiayaan rumah berbasis kepemilikan fixed asset.

Produk ini memiliki model bisnis syariah dengan dasar akad murabahah atau jual beli. Bank syariah terlebih dahulu menguasai aset properti yang akan dikelola, dibangun dan dijual. Dalam neraca didudukan sebagai persedian bank. Secara prinsip syariah murabahah menjadi lebih sempurna karena objek yang diperjualbelikan dikuasai oleh bank.

Dengan bank bertindak sebagai developer sekaligus pemberi pembiayaan. Menjadikan harga properti yang ditawarkan kepada calon konsumen menjadi lebih kompetitif dengan promo bundling yang diberikan serta kemudahan proses pembiayaan.

Dengan pengembangan BNI Griya Swakarya iB Hasanah diharapkan bisa membantu target pemerintah terkait program satu juta rumah dan penyediaan rumah layak bagi seluruh masyarakat. BNI Griya Swakarya iB Hasanah merupakan upaya BNI Syariah memaksimalkan bisnis pembiayaan konsumer.

Sampai Maret 2020, outstanding pembiayaan KPR BNI Syariah yaitu BNI Griya iB Hasanah berada di posisi Rp 13,58 triliun dengan pertumbuhan 11,86% year on year (yoy). Pada tahun 2020, BNI Syariah menargetkan pertumbuhan pembiayaan BNI Griya iB Hasanah sebesar 12% secara tahunan atau yoy. (yof)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER