Investree Mengucurkan Pembiayaan ke Merchant Midtrans

Fintechnesia.com | Perusahaan financial technology (fintech) peer to peer(P2P) lending terus berupaya mengucurkan pembiayaan usaha kecil dan menengah (UKM). Terbaru Investree (PT Investree Radhika Jaya), umumkan kerja sama strategis dengan perusahaan payment gateway, Midtrans (PT Midtrans), untuk memberikan akses pembiayaan aman dan cepat kepada UKM-UKM yang tergabung dalam ekosistem Midtrans. Bentuk pembiayaan tersebut bernama Midtrans Merchant Financing.

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi mengungkapkan, memperluas akses pembiayaan bagi UKM-UKM di Indonesia agar mereka semakin berdaya sudah menjadi misi utama Investree sejak pertama kali berdiri. Investree terus menggali potensi kerja sama dengan rekanan-rekanan profesional agar bisa merealisasikan misi tersebut salah satunya dengan Midtrans sebagai pelopor payment gateway. “Produk yang kami pasarkan merupakan hasil dari riset yang kami lakukan dengan Midtrans. Kolaborasi ini juga memperkuat peluang kolaborasi yang bisa dilakukan oleh sesama pelaku fintech sebagai landasan pengembangan ekonomi di Indonesia,” kata Adrian, Rabu (29/1).

CEO Midtrans, Erwin Tanudjaja, menambahkan, dalam kemitraan dengan banyak merchant, Midtrans memahami keinginan sekaligus kesulitan pemilik bisnis dalam mengembangkan usahan mereka. “Kewajiban kami mendukung merchant dalam berbagai aspek. Kami optimistis kolaborasi dengan Investree ini dapat turut memperkuat basis ekonomi digital di Indonesia sesuai dengan visi Midtrans,” ujar Erwin.

Mengenai struktur produk, Midtrans Merchant Financing adalah fasilitas pinjaman dari Investree untuk berbagai macam keperluan yang berkaitan dengan pengembangan usaha para merchant-merchant Midtrans. Beberapa fasilitas, mengajukan pinjaman hingga Rp 2 miliar, menikmati proses mudah dan 100% online, serta memperoleh persetujuan dan pencairan cepat. Pinjaman ini bisa dimanfaatkan antara lain untuk mengelola arus kas, mengatur persediaan komoditas, mempersiapkan ekspansi bisnis, atau digunakan saat butuh biaya pemeliharaan atau biaya darurat. Menjadi nilai plus lainnya, merchant-merchant Midtrans dapat leluasa memilih apakah mereka ingin mengajukan pinjaman dengan skema konvensional atau syariah.

Hingga akhir bulan Januari 2020, Investree berhasil membukukan catatan total fasilitas pinjaman Rp 4,44 triliun dan nilai pinjaman sekitar Rp 3,44 triliun. Rata-rata tingkat pengembalian (return) 16,1% p.a. dan tingkat keberhasilan pengembalian pada hari ke-90  (TKB90) sekitar 99,37%. (frd)