Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Moka dan Kemenkop UKM Indonesia Dukung Transformasi Digital UKM di Empat Kota

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Moka, startup penyedia layanan kasir digital bersama Kementerian Koperasi dan UKM menjalin kemitraan strategis. Keduanya mengadakan lokakarya digitalisasi manajemen usaha bertema Brick To Click Business Expansion.

Moka bersama Kemenkop UKM mengupayakan agar UMKM naik kelas melalui transformasi digital dan pengembangan usaha. Langkah awal kolaborasi adalah roadshow edukasi di empat kota, yaitu di Bandung, Mataram, Surabaya dan Solo sampai April 2020.

Plt. Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia, Herustiati menjelaskan sudah saatnya koperasi dan UMKM mulai mengubah pola manajemen bisnis dari konvensional menjadi digital dengan memanfaatkan data dan teknologi. Dengan digitalisasi koperasi dan UMKM lebih mudah mengawasi bisnis secara real time. “Sehingga bisa lebih fokus kepada hal-hal yg lebih penting seperti pengembangan usaha dan pelayanan prima kepada pelanggan,ā€ ujar Herustiati, dalam Kamis (5/3).

Pelaksanaan ini merupakan salah satu rangkaian strategi nasional pengembangan koperasi dan UMKM. Aksi ini sebagai pengenalan pemetaan kondisi, peluang usaha, eksplorasi, manajerial, konsultasi sampai kepada pendampingan bagi ekosistem proses bisnis UMKM. “Sehingga dari UMKM bersifat small dinamic enterprise meningkat menjadi fast moving enterprise. Dengan penerapan analogi from brick to click atau usaha offline to online, konvesional menjadi digitallisasi bisnis dan ekspansi usaha lokal menjadi internasional, diharapkan sebagai solusi baru ke depan,ā€ terang Plt. Asisten Deputi Bidang Pemetaan Kondisi dan Peluang Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Rahmadi

Dalam acara edukasi ini, Moka dan Kemenkop UKM menyasar 200 peserta di empat kota yang merupakan pelaku UMKM, dengan memberikan pengarahan mengenai digitalisasi bisnis. Ada beberapa tujuan edukasi.

Yakni, edukasi manfaat digitalisasi manajemen usaha kepada UMKM, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memberikan kesempatan kepada UMKM untuk uji coba secara gratis aplikasi kasir digital dari Moka. Tidak hanya tatap muka, Moka dan Kemenkop UKM mengelola forum online yang memberikan kesempatan peserta mendapatkan materi setelah acara berlangsung. Sehingga peserta dapat terus mendapatkan informasi mengenai edukasi secara berkesinambungan

Rechelle Rumawas, Government Partnership Manager MokaĀ mengapresiasi kolaborasi dengan instansi yang memiliki visi sejalan memberikan edukasi melek digital bagi para pelaku usaha. Tidak hanya fokus pada pengembangan bisnis, Moka menaruh perhatian pada penyelenggaraan edukasi pengembangan keahlian UMKM.

“Kami berharap kemitraan bersama dengan Kemenkop UKM dapat diperluas agar lebih banyak lagi UMKM yang menerima manfaatnya. Dengan menggunakan kasir digital, diharapkan para pelaku usaha dapat menjalankan operasional bisnis dengan lebih tertata. Termasuk pencatatan transaksi penjualan, pengawasan usaha Ā real-time, serta perencanaan bahan baku agar lebih teratur,ā€ paparnya. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER