Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Kabar Arus Angin dari Utara ke Selatan Membawa Wabah Penyakit adalah Hoaks, Ini Penjelasan BMKG

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Teknologi terkadang bagai pisau bermata dua. Satu sisi memudahkan hidup, di sisi lain mempercepat penyebaran kabar hoaks.

Seperti beberapa hari terakhir beredar pesan singkat yang tersebar di masyarakat melalui WhatsApp. Pesan itu menyatakan akan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit. Menanggapi isu tersebut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan beberapa hal.

Informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, hal tersebut dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG. Dan isi informasi tersebut hoaks serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Saat ini sebagian besar wilayah Indonesia berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau. Sehingga sirkulasi angin tidak lagi di dominasi angin dari utara (dari Benua Asia). Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur – selatan (dari Benua Australia),” terang Plt Deputi Bidang Meteorologi Herizal, dalam siaran pers, Kamis (9/4).

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi melalui situs resmi dan Twitter resmi. (hlm)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER