Selasa, 19 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Pacu Bisnis Konsumer Bank Muamalat Siapkan Processing Center

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Dalam rangka mengejar target pertumbuhan bisnis pembiayaan konsumer, Bank Muamalat membangun Consumer Processing Center (CPC) di enam kota yaitu Jakarta, Bandung, Medan, Yogyakarta, Surabaya dan Makassar.

Direktur Operasi dan Digital Bank Muamalat, Wahyu Avianto mengatakan, sistem ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pembiayaan konsumer hingga lebih dari 130% pada akhir 2023. CPC sendiri merupakan penggabungan lokasi kerja unit-unit yang terkait dengan proses pembiayaan konsumer.

“Adanya CPC ini diharapkan dapat meningkatkan pemenuhan service level agreement (SLA) yang pada akhirnya mempercepat proses pengajuan pembiayaan dengan tetap memastikan kualitas yang baik. Ke depan, kami juga akan membangun CPC di wilayah lain,” ujarnya, Sabtu (18/3).

Wahyu menjelaskan, pembangunan CPC ini akan berperan penting dalam meningkatkan penjualan produk konsumer. Salah satu potensi bisnis yang diincar
perseroan adalah menjadi Bank Penyalur Gaji (BPG) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selanjutnya, Bank Muamalat akan melakukan penjajakan penawaran pembiayaan
multiguna bagi ASN. Adapun target produk pembiayaan multiguna ditargetkan tumbuh hingga tiga kali lipat mencapai Rp1,3 triliun pada 2023.

Baca juga: Digitalisasi Bank Muamalat Mudahkan Calon Jemaah Mendaftar Haji

ProHajj Plus menjadi andalan karena Bank Muamalat merupakan pemain utama dalam segmen haji dan umrah serta sejalan dengan core business Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) selaku pemegang saham pengendali.

ProHajj Plus merupakan produk pembiayaan kepengurusan pendaftaran porsi haji khusus atau biasa dikenal dengan ONH Plus. Nasabah yang mendaftar haji menggunakan ProHajj Plus akan langsung mendapatkan nomor porsi haji khusus pada tahun berjalan.

Proses pengajuan ProHajj Plus sangat mudah dan pengurusan porsi akan dibantu oleh Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang bekerja sama dengan Bank Muamalat.

Selain itu, fokus pembiayaan konsumer lain adalah pembiayaan perumahan. Bank
Muamalat menargetkan pertumbuhannya bisa mencapai dua kali lipat dari posisi akhir tahun lalu.

Pionir bank syariah Tanah Air ini telah menyiapkan produk unggulan yang bernama KPR Hijrah, yaitu produk pembiayaan untuk kepemilikan rumah tinggal, termasuk untuk renovasi dan pengalihan (take over) dari bank lain. Terutama bagi para
nasabah yang menginginkan pembiayaannya dilakukan berdasarkan prinsip syariah. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER