Lumba-Lumba Terbang Airbus BelugaXL Meramaikan Persaingan Pesawat Kargo

Airbus Beluga XL
Airbus BelugaXL, lumba-lumba terbang

FinTechnesia.com | Bisnis pesawat kargo kian seru. Terbaru, Airbus resmi mengoperasikan BelugaXL. Dengan panjang 63 meter dan lebar 8 meter, BelugaXL memiliki luas ruang kargo terbesar di dunia.

Yang unik, desain pesawat ini ikan lumba-lumba. Bahkan ada mata dan kaca yang berada di kokpit pilot, seperti mulut lumba-lumba yang sedang tersenyum. Pesawat ini merupakan unit BelugaXL pertama yang akan bekerja berdampingan dengan pesawat BelugaST, varian pesawat kargo Airbus yang lebih kecil. Lima pesawat BelugaXL lain akan bergabung dengan armada maskapai mulai dari tahun 2020 hingga 2023

BelugaXL ditenagai oleh mesin Rolls Royce Trent 700 dan beridasarkan pada varian kargo pesawat A330-200. Hal ini memungkinkan Airbus menggunakan kembali komponen dan peralatan yang sudah ada. Bagian kokpit yang diturunkan, struktur ruang kargo, bagian belakang, dan ekor pesawat diperbarui dalam kerja sama dengan perusahaan mitra Airbus, memberikan tampilan khas bagi pesawat ini.

BelugaXL merupakan tambahan terbaru dalam portofolio pesawat angkut Airbus. Meskipun angkutan udara tetap menjadi metode transportasi utama untuk membawa komponen pesawat besar, Airbus juga menggunakan jalur darat untuk mengantar komponen-komponen antarpusat perakitan. Sama seperti BelugaST, pesawat ini akan beroperasi dari 11 destinasi di Eropa. (frd)