Wow, Belanja di Toko Ini Tanpa Kasir dan Tanpa Uang Tunai

Peluncuran Toko Bliblimart
Peluncuran Toko Bliblimart

Fintechnesia.com | Persaingan bisnis ritel semakin ketat. E-commerce milik Djarum Group kini terjun dengan membuka toko fisik (offline). Langkah ini memperkuat strategi omnichannel agar memudahkan pelanggan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Toko tersebut tak menerima pembayaran tunai dan tanpa kasir (cashless dan cashierless).

Selama ini kategori BlibliMart memainkan peranan penting di Blibli.com dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Para pelanggan dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan dan minuman, perawatan kulit tubuh, perawatan rumah tangga, kebutuhan ibu dan anak hingga makanan segar ataupun beku, yang dibungkus dengan pengalaman belanja ritel yang efisien.

Fransisca Krisantia Nugraha, Senior Vice President of Trade Partnership Blibli.com mengatakan, proyek perdana toko offline BlibliMart merupakan perwujudan konsep omnichannel Blibli.com. “Toko yang bersifat cashless dan cashierless ini didukung oleh teknologi ‘Scan & Go’ di mana para pelanggan dapat menggunakan aplikasi Blibli.com untuk memindai barcode harga di kemasan produk, kemudian langsung membayar belanjaan dengan layanan Gopay,” katanya, Selasa (28/1).

Hadirnya toko offline BlibliMart adalah bagian strategi BlibliMart untuk 2020 menyinergikan tiga pendekatan utama. Ketiga pendekatan itu adalah memperkuat manajemen rantai pasokan, menyediakan layanan inovatif sesuai kebutuhan pelanggan, dan memperluas kehadiran omnichannel dengan konsep ritel baru.

Setelah kemunculan toko fisik, Blibli.com akan memperkuat manajemen rantai pasokan atau supply chain dengan mempererat hubungan dengan perusahan fast moving consumer goods (FMCG). Sepanjang tahun 2019, BlibliMart melihat pertumbuhan merchant sebesar 82% dari tahun ke tahun. 

Lalu Blibli.com akan menambah jumlah gudang warehouse menjadi 21 unit, serta hub dan mobile hub menjadi 43 unit sepanjang tahun 2020 untuk mempercepat pengiriman ke pelanggan. Hal ini menjadikan Blibli.com sebagai e-commerce dengan kepemilikan warehouse dan hub terbanyak dengan sebaran terluas di Indonesia.

Blibli mengimplementasi scheduled delivery (pengiriman otomatis). Fitur ini memungkinkan pelanggan memilih waktu penerimaan barang belanjaan. Di kuartal pertama 2020 seluruh  warehouse Blibli.com di Jabodetabek akan menawarkan layanan tersebut.

Blibli juga menerapkan konsep ritel Click & Collect. Sejak 2019, Blibli.com telah bekerja sama dengan jaringan Alfamart dan Alfamidi, untuk Fitur ini memungkinkan para pelanggan untuk merasakan kemudahan belanja online di situs dan aplikasi Blibli.com (Click) dan langsung mengambil pesanan di jaringan toko offline (Collect). “Strategi BlibliMart membuat kami yakin untuk melanjutkan performa kuat, menargetkan pertumbuhan order tiga kali lipat dan kenaikan gross merchandise value (GMV) sebesar 2,5 kali lipat di tahun 2020. Hal ini juga didukung dengan adanya perluasan jumlah produk senilai 2 kali lipat pada tahun ini,” tambah Fransisca.

Selama tahun 2019, BlibliMart mencatat pertumbuhan order yang kuat sebesar 313% dan GMV sebesar 227% jika dibandingkan dengan 2018. Pertumbuhan ini didukung oleh kenaikan volume produk senilai 300% di periode yang sama. (frd)