Internet of Things Mendukung Sistem Pertanian dan Peternakan Cerdas

Fintechnesia.com | Bosch ConnectedWorld 2020, salah satu ajang industri internet of things (IoT) akan menghadirkan beragam kemutakhiran, termasuk ranah pertanian dan peternakan. Pada 19-20 Februari di Berlin, Jerman, Bosch ConnectedWorld 2020 akan menunjukkan kemampuan IoT saat ini dan solusimempermudah kehidupan di masa mendatang, termasuk di lahan budi daya tanaman dan fauna.

Salah satunya adalah Nevonex, ekosistem digital untuk pertanian pintar. Nevonex adalah ekosistem terbuka dan tidak tergantung pada pabrikan, yang menghadirkan layanan digital untuk peralatan pertanian. Sehingga memungkinkan lancarnya konektivitas antara alur kerja dan mesin. Ekosistem ini juga berperan sebagai platform bagi penyedia teknologi atau peralatan pertanian untuk menawarkan layanan mereka.

Layanan tersebut dapat diaplikasikan pada mesin pertanian asal sudah memiliki unit kontrol yang diaktifkan menggunakan Nevonex. Sensor terhubung yang sudah dipasang di mesin membuka potensi efisiensi lebih lanjut. Misalnya, untuk mengoptimalkan penyebaran benih, pupuk, pestisida, atau untuk mengotomatiskan alur kerja.

Sistem sensor pintar terhubung dari Bosch membantu petani mengawasi pengaruh eksternal secara terus-menerus dan merespons secepatnya. Dengan “Deepfield Connect Field Monitoring”, pengguna menerima beragam data, seperti cuaca dan pertumbuhan tanaman, langsung dari ponsel pintar mereka. Sistem Smart Irrigation membantu mengoptimalkan penggunaan air pada penumbuhan zaitun. Sensor terhubung di dalam tangki memungkinkan Deepfield Connect Milk Monitoring mengatur suhu susu, serta memberi kesempatan kepada perusahaan susu, peternak sapi perah, atau pengemudi truk tangki mengambil tindakan sebelum susu rusak.

Sistem sensor pintar lainnya, “Greenhouse Guardian, memungkinkan deteksi dini penyakit pada tanaman. Data tentang faktor-faktor seperti tingkat kelembapan atau CO2 dikumpulkan di rumah kaca. Risiko infeksi tanaman diproses dan dianalisis di Bosch IoT cloud dengan bantuan kecerdasan buatan.


Bosch merupakan penyedia layanan dan teknologi global terkemuka dan mempekerjakan sekitar 403.000 karyawan di seluruh dunia (per 31 Desember 2019). Perusahaan telah menghasilkan penjualan 77,9 miliar euro sepanjang 2019 – berdasarkan angka awal. Operasional perusahaan dibagi menjadi empat sektor bisnis: Mobility Solutions, Industrial Technology, Consumer Goods, dan Energy and Building Technology. (mrz)