Selasa, 9 Agustus 2022 | 23:29 WIB

Menunjang Industri Asuransi, APARI Menyelenggarakan Seminar dan Pendidikan

BACA JUGA

ads-custom-1

Fintechnesia.com | Dalam bisnis asuransi, pialang menjadi salah satu bagian penting. KAsus Jiwasraya menjadi pelajaran bagaimana agar konsumen memahami berbagai produk asuransi. Agar menunjang industri, maka terbentuklah Asosiasi Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia (APARI), yang di tahun ini akan memasuki usia ke 27. APARI adalah organisasi yang fokus pada pendidikan dan pengembangan profesi ahli kepialangan asuransi dan kepialangan reasuransi secara profesional di Indonesia.

APARI menyelenggarakan tiga tingkatan pendidikan dan sertifikasi gelar profesi. Yakni AAPAI (Ajun Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia), APAI (Ahli Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia) dan CIIB (Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers)

Saat ini jumlah anggota APARI sebanyak 1.119 orang. Rinciannya, pemegang gelar CIIB ada 792 orang dan Pemegang gelar APAI sebanyak 327  orang. Kamis (20/2), APARI mengadakan berbagai kegiatan. “Selain Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2020, diadakan seminar manajemen risiko dan wisuda pendidikan APARI,” kata Ketua Panitia acara Ine Hasanah, dalam rilis.

Seminar APARI mengangkat tema “Proactive Risk Management for Insurance Industries”. Tema berkaitan dengan kesiapan industri perasuransian untuk mengimplementasikan manajemen risiko dalam operasional perusahaan. “Diharapkan melalui seminar ini, para ahli pialang asuransi dan praktisi perasuransian memahami dan mendeskripsikan konsep manajemen risiko dalam konteks industri 4.0. Juga memahami konsep dasar dari profil risiko dalam implementasi manajemen resiko yang lebih proaktif dan terstruktur” terang Ketua Umum APARI Bambang Suseno.

Sejak terbitnya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 68 tahun 2016 mengenai perizinan usaha perusahaan pialang asuransi, perusahaan pialang reasuransi dan perusahaan penilai kerugian asuransi, APARI menyelenggarakan program pendidikan dan sertifikasi. Juga crash program untuk membantu perusahaan pialang asuransi dan pialang reasuransi memenuhi ketentuan peraturan tersebut terkait dengan kualifikasi dan kompetensi Pialang Asuransi dan Pialang Reasuransi, Direksi dan Tenaga Ahli. (sya)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER