Minggu, 7 Agustus 2022 | 23:34 WIB

Saat Wabah Corona, Gojek Mencaplok Moka

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Saat wabah corona, aksi akuisisi tetal terjadi. Kamis (30/4), Gojek mengumumkan akuisisi terhadap Moka, perusahaan teknologi penyedia layanan aplikasi sistem kasir digital di Indonesia. Gojek dan Moka menggabungkan layanan untuk memberikan solusi terintegrasi bagi mitra usaha (merchant). Terdiri dari pembayaran, pengantaran makanan dan sistem point of sale (POS), sehingga mendukung pertumbuhan dan digitalisasi UMKM di Indonesia, baik usaha online maupun offline.

Moka, akan terus beroperasi sebagai merek sendiri. Saat ini telah dipercaya oleh 40.000 pebisnis di 200 kota di Indonesia. Moka memberikan solusi yang terdiri dari perangkat POS, sistem pembayaran, pembukuan, hingga pengadaan bahan baku, dan peminjaman modal usaha. Sedangkan Gojek, lewat layanan GoBiz, merupakan super app yang digunakan lebih dari 500.000 mitra merchant di Indonesia. Sekitar 96% merupakan UMKM.

Moka tetap menjadi entitas mandiri


Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek mengatakan, saat wabah corona, bisnis online memiliki ketahanan lebih baik dibandingkan bisnis offline yang sangat tergantung kedatangan fisik konsumen. Gojek berupaya membantu lebih banyak bisnis offline menuju bisnis online “Usaha kecil adalah tulang punggung perekonomian lokal. Gojek membantu mereka lebih siap dalam menghadapi persaingan di masa depan dan meningkatkan kesempatan mereka tumbuh,” terang Andre

Haryanto Tanjo, CEO dan Co-Founder Moka menyampaikan, integrasi ini akan membuka akses jaringan para pelaku usaha ke ratusan juta pengguna platform Gojek dan mendapatkan transaksi langsung dari layanan seperti GoFood. “Berbagai layanan Gojek memudahkan mitra pelaku usaha kami menjalankan bisnis dengan sukses, baik secara online maupun offline,” kata Haryanto.

Moka akan terus beroperasi sebagai entitas mandiri yang terintegrasi dengan ekosistem merchant Gojek. Ekosistem tersebut terdiri dari GoBiz, super app merchant Gojek yang menaungi GoFood dan GoPay. Juga layanan seperti Midtrans, penyedia layanan pembayaran online terbesar di Indonesia dan Spots, penyedia layanan pembayaran offline dan sistem POS. Lewat penggabungan seluruh layanan ini, Gojek bertujuan mempercepat pertumbuhan pelaku usaha melalui jasa pengiriman makanan online, pembayaran, promosi. Di saat yang sama, mendukung kinerja operasional mereka melalui layanan POS, inventaris, dan perangkat manajemen. (yof)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER