Selasa, 9 Agustus 2022 | 11:41 WIB

Industri Fintech Masih Terus Bertumbuh, Butuh Asupan SDM

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | industri financial technology (fintech) di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir tumbuh secara signifikan. Secara umum potensi ekonomi digital sangat besar ke depan. Hal itu terefleksikan juga di sektor jasa keuangan sendiri.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) Maret 2020, jumlah transaksi e-money melesat sebesar 65% year on year (yoy). Sedangkan menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pinjaman online per Maret 2020 mencapai Rp 102,53 triliun atau meningkat 208,83% yoy. Adapun Google dan Temasek memprediksi, pada tahun 2025 Indonesia akan mengantongi nilai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara sebesar US$ 100 miliar.

Perkembangan Revolusi Industri 4.0, memberikan tuntutan bagi tenaga kerja Indonesia mempersenjati diri dengan advance knowledge dan skills on technology. “Pengembangan kapasitas tenaga kerja membutuhkan ekosistem pemangku kepentinga. Mulai pemerintah, asosiasi industri, pengusaha, penyedia teknologi, serta lembaga penelitian dan pendidikan,” ujar Executive Head of Aftech Partnership Committee dan Chief of International Partnership
Officer
DOKU, Alison Jap, Jumat (8/5).

Seluruh sektor pemangku kepentingan memiliki sikap dan kesadaran akan tantangan yang harus dihadapi dalam pembangunan SDM di masa depan. Saat ini dibutuhkan penguatan sinergi dan kolaborasi guna mencapai keberhasilan dalam pembangunan SDM. Fintech di Indonesia terus mengalami pertumbuhan dan memberikan dampak terhadap perekonomian nasional. Termasuk turut mendorong inklusi keuangan.

Pertumbuhan industri fintech ke depan membutuhkan tenaga kerja dengan skillset yang yang memadai. Terutama, tenaga kerja dengan keterampilan dan pengetahuan terkait teknologi dan sektor keuangan. “Aftech sebagai asosiasi yang ditunjuk oleh OJK bagi penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) turut mendukung dan berpartisipasi dalam meningkatkan kesiapan tenaga kerja di sektor fintech. Meningkatnya ketersediaan jumlah talent dalam industri fintech akan mendorong industri ini untuk tumbuh lebih pesat di masa depan” ujar Managing Director AFTECH, Mercy Simorangkir. (mrz)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER