Kamis, 25 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

Peluncuran Smart Village Nusantara, LinkAja Mudahkan Transaksi Digital di Desa Kemuning

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Digitalisasi desa-desa di Indonesia terus berlangsung demi mengembangkan potensi desa, pemasaran, dan percepatan akses serta pelayanan publik. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat desa.

LinkAja, PT Telkom Indonesia Tbk bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi meresmikan Smart Village Nusantara. Lokasinya di Desa Kemuning, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

LinkAja turut berpartisipasi memberikan kemudahan, keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi warga Desa Kemuning. Mereka dapat menggunakan sebagai sumber dana di aplikasi Simpeldesa untuk berbagai pembayaran tagihan.

Pembayaran menggunakan QRIS di 74 merchant dan Pasar tradisional Mbatok, hingga pembayaran masuk tiket wisata Desa Kemuning.

Metode pembayaran di Desa Kemuning menggunakan teknologi QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Sehingga memungkinkan warga Desa Kemuning maupun wisatawan bertransaski secara nontunai menggunakan LinkAja atau operator pembayaran digital lain.

Terdapat cashback 20% selama Oktober 2020 bagi pengunjung maksimal Rp 5.000 bertransaksi masuk Desa Wisata, Pasar Mbatok. Juga pembelanjaan di 74 merchant lokal menggunakan LinkAja.

Haryati Lawidjaja, Direktur Utama LinkAja mengatakan, LinkAja mendorong inklusi keuangan dan ekonomi, dengan membangun ekosistem dan platform layanan keuangan digital yang melayani terutama kebutuhan masyarakat kelas menengah/ UMKM di Indonesia.

“Kami harap kenyamanan menggunakan LinkAja dapat menjadi pendorong kebiasaan masyarakat Desa Kemuning unt semakin terbiasa bertransaksi secara nontunai. Ini sangat diperlukan pada era pandemi saat ini,” terang Fey, sapaann Ligwina.

Direktur Enterprise & Business Telkom, Edi Witjara mengatakan, Smart Village Nusantara merupakan dukungan Telkom membangun Indonesia dari potensi di desa-desa.

“Diharapkan ke depan masyarakat di desa memiliki adopsi digital yang semakin baik dan akrab dalam menggunakan teknologi digital dalam mendukung berbagai aktivitasnya,” ujar Edi

Warga Solo dan sekitarnya dapat menggunakam LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja di berbagai modern retail. Seperti Luwes Group, Luwes Home Shopping, Jumbo Supercenter Group, Atria Swalayan.

Lalu pusat kuliner, yakni Sate Kambing pak Mento, Warung Sop Sriwedari, Batagor Mang Edy, Selat Vien’s), pusat oleh – oleh (Batik Gunawan Setiawan, Gaia Batik Solo, Batik Anom Laweyan). Ada rumah sakit (RS Kasih Ibu, RSUD Dr Moewardi, RS Panti Waluyo), pelayanan masyarakat (SIM dan SKCK Polres Surakarta, SIM dan SKCK Sragen. SIM Boyolali, SIM dan SKCK Klaten), pasar tradisional (PGS Solo, Pasar Gede, Pasar Gawok, pasar Klewer), dan lain – lain. (mrz)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER