Senin, 30 Januari 2023

Ini Strategi E-Commerce Bertahan dan Memenangkan Persaingan Saat Kelesuan Melanda

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Masing-masing pemain e-commerce mengatur ulang strateg di saat sektor ini lesu. Tapi, siapa e-commerce yang paling unggul?  

Berdasarkan data App Annie, perusahaan riset pasar aplikasi global,  di sepanjang tahun 2022, Shopee menjadi platform belanja online nomor satu  di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak baik di Google Play atau Apple Store. 

Dari sisi pengguna aktif bulanan juga terbanyak. Selain Shopee, favorit pengguna di Indonesia adalah Tokopedia dan Lazada.  

Seuruh e-commerce berlomba-lomba mengeluarkan fitur interaktif untuk menghadirkan pengalaman belanja lebih menyenangkan.

Pada riset Desember 2022, Snapcart mengungkap beberapa fitur-fitur interaktif. Seperti Shopee Live, TikTok. Shopee Video, Tokopedia Play serta BukaLive, LazLive dan LazadaFeed.  

Baca juga: Pendanaan ke E-Commerce dan Ojol Turun Drastis, Ini Penyebabnya

Mengutip paparan riset Snapcart Desember 2022, Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart Indonesia mengatakan, fitur-fitur ini juga membantu dalam strategi penjual khususnya lokal untuk menjaga keberlangsungan bisnis mereka. . 

“Melalui interaksi yang lebih dekat dan konten kreatif, para penjual lokal dapat semakin terdorong untuk meningkatkan eksposur produknya dan memperluas jangkauan ke seluruh lapisan masyarakat. Faktor yang mendorong perkembangan dan kemajuan pelaku usaha khususnya lokal,” terang Astrid, Jumat (20/1). 

Ketua Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA), Bima Laga meyakini, pertumbuhan e-commerce masih akan terus berlanjut meskipun masyarakat sudah aktif beraktifitas secara tatap muka setelah pelonggaran PPKM. “Saat ini belanja online sudah menjadi gaya hidup sekaligus menjadi alat untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” ujar Bima. 

Namun, para pemain adu strategi mempertahankan bisnisnya tentu masih akan berlanjut. Apalagi setelah seluruh pemain besar bersama-sama melakukan penyesuaian dengan alasan menciptakan ekosistem yang lebih matang. (nin)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER