Senin, 30 Januari 2023

Jaringan 4G XL Axiata Menjangkau Lebih dari 1.800 Desa/Kelurahan di 55 Kota/Kabupaten di Kalimantan

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | XL Axiata terus memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan data di seluruh wilayah Kalimantan, di lima provinsi/ Langkah strategis ini mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata yang terus meningkat.

Dalam setahun, trafik XL Axiata di seluruh Kalimantan meningkat hingga 29%. Dalam setahun pula, XL Axiata telah menambah jumlah base transceiver station (BTS) 4G sebanyak lebih dari 1.100 BTS atau meningkat 42% year on year (yoy) di seluruh Kalimantan.

Plt Regional Group Head XL Axiata untuk Kalimantan, Horas Lubis mengatakan, selain aspek bisnis, visi memperluas jaringan data ke berbagai wilayah Kalimantan adalah mendukung percepatan pembangunan. XL Axiata ingin berkontribusi dalam upaya pemerintah daerah memajukan wilayah Kalimantan. Termasuk persiapan pembangunan infrastruktur jaringan di wilayah Ibukota Negara (IKN).

“Infrastruktur jaringan data yang berkualitas, antara lain berupa tersedianya sambungan internet cepat, akan memungkinkan pelaksanaan digitalisasi di berbagai bidang yang pada akhirnya mendukung percepatan pembangunan di Kalimantan,” kata Horas, Ahad (22/1)

XL Axiara menerapkan sejumlah teknologi terbaru mendukung perluasan dan penguatan jaringan ini. Antara lain, implementasi teknologi automated optimization untuk VoLTE, pemanfaatan teknologi Cisco Ultra Traffic Optimization untuk meningkatkan efisiensi kapasitas jaringan dengan menggunakan algoritma artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML), teknologi Open RAN (Radio Access Network) dengan konsep open interface. 

Lalu, ada juga implementasi Dynamic Spectrum Sharing (DSS) 4G/5G yang memungkinkan penggunaan bersama jaringan 4G dan 5G pada satu spektrum frekuensi. “XL Axiata juga telah memanfaatkan teknologi FDD Smart 8T8R untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan serta mengurangi konsumsi daya pada BTS,” papar Horas.

Baca juga: XL Axiata Perkuat Jaringan Sepanjang Jalur Lintas Pantai Selatan Jawa Barat

Jaringan data berkualitas XL Axiata kini telah menjangkau lebih dari 1.800 desa/kelurahan, 466 kecamatan di 55 kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, atau lebih dari 75% populasi Kalimantan.  

Jaringan XL Axiata di seluruh Kalimantan ini didukung oleh total lebih dari 9.800 BTS termasuk lebih dari 5.800 BTS 4G LTE. Infrastruktur jaringan ini juga didukung kabel serat optik antardaerah.

XL Axiata juga terus mengimplementasikan program 3G shutdown yang diiringi dengan proses re-farming dari jaringan 3G ke jaringan 4G, yang kini telah mencapai 90% dari total BTS. 

Berikut detail jumlah BTS 4G di masing-masing provinsi.

  • Kalimantan Barat lebih dari 1.300 BTS
  • Kalimantan Utara lebih dari 90 BTS
  • Kalimantan Tengah lebih dari 800 BTS
  • Kelimantan Selatan lebih dari 2.200 BTS
  • Kalimantan Timur lebih dari 1.400 BTS

XL Axiata juga melakukan proses fiberisasi jaringan di seluruh Kalimantan. Hal ini merupakan bagian dari upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS dengan jalur fiber.

Hingga saat ini, XL Axiata memiliki lebih dari 9.300 kilometer jalur fiber optik di seluruh Kalimantan. Jaringan ini menjadi tumpuan bagi jaringan infrastruktur XL Axiata yang menjangkau seluruh provinsi, serta menghubungkannya dengan pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, dan Sulawesi.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pelosok-pelosok Kalimantan yang sebelumnya tidak terjangkau jaringan akses telekomunikasi dan data, sejak 2018, XL Axiata juga mengoperasikan jaringan universal service obligation (USO) bekerja sama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Total ada 66 titik BTS USO, semuanya 4G. Di Kalimantan Barat, total BTS 57 unit BTS, masing-masing di Kabupaten Ketapang 10 unit, Bengkayang 4 unit, Landak 3 unit, Kayong Utara 2 unit, Sambas 2 unit, Sintang 22 unit, Kapuas Hulu 3 unit, Melawi 3 unit dan di Sanggau 8 unit. Di Kalimantan Selatan total 7 BTS, semuanya di Kabupaten Tabalong. Di Kalimantan Tengah, ada 2 BTS yang ada di Kabupaten Seruyan.

Jumlah pelanggan di Kalimantan hingga akhir September 2022 tercatat sekitar 1,7 juta, dengan pelanggan 4G sekitar 64%. Jumlah itu meningkat sekitar 10% dari periode yang sama tahun lalu. Jumlah pelanggan data di Kalimantan ini diprediksi akan terus meningkat. (iwa)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER