Sabtu, 23 Maret 2024
FINTECHNESIA.COM |

Beli Sukuk Tabungan ST010 di Moduit, Bisa Bawa Pulang BMW 320i Sport dan Ngegym di Hustle, Ini Syaratnya

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Pemerintah merilis Green Sukuk Ritel ST010. Ini merupakan satu seri Sukuk Negara Tabungan. Masa penjualan mulai 12 Mei – 7 Juni 2023

ST010 patut jadi pertimbangan pilihan investasi. Instrumen ini menarik seiring dengan makin besarnya potensi penurunan suku bunga acuan seiring terjaganya inflasi, serta penguatan nilai tukar rupiah.

Saat ini suku bunga acuan Bank Indonesia bertengger di level 5,75% dan besar peluang BI akan meurunkan suku bunga acuan BI7DRRR pada kuartal III atau IV 2023.

Menurut Head of Research & Investment Connoisseur Moduit, Manuel Adhi Purwanto, dengan prediksi suku bunga yang akan menurun, saat ini adalah waktu yang tepat berinvestasi di obligasi.

“Secara view, suku bunga most likely akan turun. Sehingga ini waktu yang tepat untuk invest di obligasi untuk mengunci kupon di saat harga masih tinggi,” ujar Manuel, Jumat (12/5).

Jika suku bunga sudah turun, kupon obligasi selanjutnya juga akan lebih rendah.
ST010 memberikan imbal hasil floating with floor di atas bunga deposito, serta pajak final yang lebih kecil yaitu sebesar 10%.

Selain itu ST010 memberikan potensi kenaikan kupon jika suku bunga acuan kembali naik. Namun tidak akan turun lebih rendah dari kupon pertama.

ST010 tersedia dalam dua pilihan yaitu ST010 T2 dengan kupon 6,25% & jatuh tempo pada tanggal 10 Juni 2025. Lalu ST010 T4 dengan kupon 6,4% dan jatuh tempo tanggal 10 Juni 2027.

Artinya, kalau kita berinvestasi ST010 Tenor 4 tahun senilai Rp 1 miliar, maka imbal hasil tahunanya setelah pajak adalah Rp 57,6 juta. Bagi investor yang tertarik, masa penawaran seri obligasi berakad wakalah ini akan dibuka pada tanggal 12 Mei 2023 dan berakhir pada tanggal 7 Juni 2023.

Selain memberikan potensi hasil investasi menarik, produk ini terbilang aman karena dijamin pemerintah dengan underlying asset BUMN dan proyek pemerintah di tahun 2023.

Kelebihan lain, meskipun obligasi negara tanpa warkat yang tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan tidak dapat dicairkan sampai jatuh tempo, dimungkinkan untuk menerima sebagian pelunasan pokok sebelum jatuh tempo yang b disebut dengan fasilitas early redemption.

Baca juga: Mandiri Sekuritas Tawarkan ST010, Investasi Peduli Lingkungan dan Berbasis Syariah

Investasi dikedua pilihan produk ini dapat dipesan dengan minimal dana Rp 1 juta dan maksimal Rp5 miliar untuk sekali transaksi.

Pembelian ST010 juga dipermudah dengan dimungkinkannya pembelian secara online melalui mitra distribusi maupun sub mitra distribusi pemerintah, salah satunya adalah Moduit.

Moduit bekerja sama dengan BMW Tunas & Hustle House Gym. Kerjasama ini salah satu upaya Moduit untuk memperkenalkan produk-produk investasi kepada masyarakat yang lebih luas.

“Bahwa produk lifestyle dan investasi dapat berjalan secara beriringan, asal semua sudah terencana dan sudah ada proporsi nya masing-masing,” tutur Eric Sutanto Tang, Head of Special Project Moduit.

Kerjasama dengan BMW Tunas memungkinkan membawa pulang BMW 320i Sport terbaru hanya dengan membayar DP kendaraan dan berinvestasi Rp 4,6 miliar di ST010. Selama periode terbatas ini, nasabah juga akan mendapatkan special benefit dari Moduit hingga Rp 25 juta.

Head of Marketing & Communications BMW Tunas, Anthony Yudi mengatakan, melalui kerjasama ini, BMW Tunas berharap dapat sedikit banyak mendukung program-program pembangunan nasional ramah lingkungan yang dibiayai oleh ST010.

BMW Tunas adalah dealer resmi BMW pertama dan salah satu dealer BMW i pertama di Indonesia dengan fasilitas dan pelayanan berstandar global BMW di Jakarta, Bekasi, Bandung & Palembang.

Sedangkan, kerjasama dengan Hustle adalah berinvestasi Rp 500 juta di ST010, bisa ngegym selama 2 tahun. Hal ini juga dimungkinkan karena return bulanan dari ST010 bisa uutuk membayar gym selama 20 bulan. Hustle memberikan free membership selama 4 bulan untuk kerjasama ini.

CMO Hustle, Hendra Nugraha, mengatakan bahwa ‘Hustle mendukung semangat investasi finansial yang dikembangkan.

“Kami berharap kemitraan ini pun dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada para moduit investor tentang arti investasi lain. Tidak kalah penting yang sudah sepatutnya di lakukan yaitu investasi akan kesehatan diri dengan menanamkan pola gaya hidup sehat,” kata Hendra. (kai)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER