Minggu, 28 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

David Wang, Huawei: Percepat Perkembangan Teknologi Pintar dengan Model AI yang Dirancang berdasarkan Kebutuhan Seluruh Industri

BACA JUGA




SHANGHAI, 23 September 2023 /PRNewswire/ — Di ajang HUAWEI CONNECT 2023, David Wang, Executive Director of the Board, Huawei, Chairman, ICT Infrastructure Managing Board, dan President, Enterprise BG, menyampaikan paparan berjudul "Accelerate Intelligence". Wang berbagi perspektif dan pengalaman Huawei ketika membantu berbagai industri untuk memanfaatkan teknologi pintar dengan sebaik-baiknya. Dia juga melansir Atlas 900 SuperCluster terbaru dari Huawei. Klaster komputasi kecerdasan buatan (AI) yang baru ini, produk komputasi terkini dari seri Ascend, Huawei, memakai arsitektur termutakhir. Selain itu, Wang melansir sembilan solusi intelligent industry terbaru yang dirancang dengan arsitektur acuan Intelligent Transformation Huawei. Solusi tersebut didesain agar mampu memenuhi kebutuhan spesifik di industri yang berbeda-beda, termasuk keuangan, pemerintah, manufaktur, kelistrikan, dan kereta api.

David Wang delivering the keynote
David Wang delivering the keynote

"Sebuah babak baru dalam transformasi pintar kini telah hadir," ujar David Wang. "Kita pun berada di titik persinggungan dunia baru dan pintar, berhadapan dengan banyak peluang dan tantangan. Maka, kita harus bekerja sama, menjajaki skenario di industri spesifik, serta membangun tulang punggung komputasi yang baik guna mendukung berbagai model dan aplikasi model AI terbaru. Lewat kerja sama, kita dapat membantu seluruh industri beralih menuju teknologi pintar, bahkan mempercepat langkah tersebut."

Tantangan yang menghambat berbagai industri beralih menuju teknologi pintar

Dengan banyaknya terobosan baru dalam foundation model, berbagai jenis model dan aplikasi AI mutakhir juga mengemuka. AI sangat terintegrasi dengan berbagai industri, serta memenuhi semakin banyak skenario penggunaan di industri. Namun, data, daya komputasi, algoritma, dan penggunaan aplikasi masih kesulitan mengikuti perkembangan ini. Maka, ketiga unsur tersebut akan berperan penting dalam transformasi pintar di berbagai industri.

Demi menjawab tantangan tersebut, Wang mendorong langkah bersama untuk mendukung konektivitas pintar, komputasi pintar, dan industri pintar. Langkah ini sangat penting ketika mengatasi kendala implementasi AI dan model AI untuk skenario spesifik. Menurutnya, cara tersebut harus ditempuh beragam industri yang ingin memaksimalkan teknologi pintar.

Ascend Atlas 900 SuperCluster

Kini, kian banyak foundation model yang dilatih dengan triliunan parameter bermunculan. Maka, Huawei melansir Atlas 900 SuperCluster terbaru yang dirancang khusus untuk melatih foundation model AI dalam jumlah masif.

Bekerja sama dengan klien dan mitra untuk melansir sembilan solusi intelligent industry

Dalam tiga tahun terakhir, Huawei telah membangun sejumlah tim terintegrasi. Tim ini mengeksplorasi berbagai industri dan skenario penggunaan, serta menyatukan berbagai kelompok pakar untuk menjawab tantangan yang dihadapi klien. Tim ini juga mengonsolidasikan sumber daya litbang horizontal agar berbagai industri dapat beralih menuju teknologi pintar. Model operasional tersebut bahkan mempererat kerja sama Huawei dengan berbagai mitra, serta menciptakan lebih dari 200 solusi transformasi pintar untuk lebih dari 20 industri, termasuk tata kelola perkotaan, keuangan, transportasi, dan manufaktur. Solusi-solusi ini juga telah diimplementasikan dalam banyak proyek di dunia nyata.

Huawei akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra guna mengembangkan solusi demikian, terutama untuk meningkatkan integrasi AI dan skenario industri, serta mewujudkan transformasi pintar di semakin banyak industri. 

Peluncuran "Accelerating Intelligent Transformation White Paper"

Wang juga meluncurkan laporan (white paper) terbaru, "Accelerating Intelligent Transformation". Laporan ini merangkum studi kasus dan praktik terbaik Huawei, klien dan mitranya, agar seluruh industri mulai bergerak menuju teknologi pintar dalam format baru.

Laporan ini juga mengungkap, AI kini mendorong pemutakhiran industri setelah memenuhi skenario industri yang kian banyak, bahkan AI menjadi motor penggerak kemajuan sosial. Secara khusus, laporan ini menilai, kolaborasi pelaku usaha, akademisi, dan dunia riset kelak berperan penting dalam aplikasi AI yang baru, serta perkembangan seluruh industri AI. Lebih lagi, pemangku kepentingan dalam ekosistem AI perlu bekerja sama untuk memastikan manfaat AI bagi seluruh pihak dengan mengidentifikasi tren baru, terus menjalankan inovasi teknologi, serta cepat meningkatkan praktik rekayasa. Supaya kian luas dan terintegrasi di berbagai industri, AI harus memfasilitasi berbagai jenis model dan aplikasi.

Laporan ini mendapat dukungan dari beberapa akademisi. Laporan ini juga membahas sejumlah tren dan perkembangan terkini di bidang AI, serta mengeksplorasi 63 aplikasi AI untuk skenario spesifik di 16 industri yang berbeda-beda. Laporan ini juga mengulas beberapa praktik terbaik dan inovatif dalam transformasi pintar di 18 industri.

Informasi lebih lanjut tersedia di https://e.huawei.com/en/

 

 

 


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER