Rabu, 7 Desember 2022

Fiberisasi Jaringan XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan Data

BACA JUGA

- Advertisement -

FinTechnesia.com | Kualitas jaringan adalah hal mutlak di era digital. Maka akhir pekan lalu XL Axiata menggelar kompetisi digital DigiRace 2020 serentak di luar Jawa. Yaitu Pekanbaru (Riau), Pontianak (Kalimantan Barat) dan Manado (Sulawesi Utara), akhir pekan lalu. Kompetisi yang sama juga dilaksanakan di Bogor dan Cimahi, Jawa Barat.

Kompetisi yang diikuti para pegiat media sosial ini sekaligus menjadi ajang untuk menunjukkan peningkatan kualitas jaringan data XL Axiata setelah proses fiberisasi.. Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, program fiberisasi jaringan menjangkau wilayah semakin luas, terutama di luar Jawa. “Di ajang Digirace putaran keempat ini, kami sengaja selenggarakan di tiga kota utama luar Jawa di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Sekaligus menunjukkan keseriusan XL Axiata dalam meningkatkan kualitas layanan data sekaligus menyiapkan jaringan menyongsong implementasi layanan 5G di masa mendatang,” terangnya dalam rilis, Senin (2/3).

Fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan base transceiver station (BTS) melalui jalur fiber.  Termasuk dalam proses inimelakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber. Program fiberisasi jaringan merupakan salah satu langkah mempersiapkan jaringan 5G di masa depan.

Keunggulan teknologi 5G ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan jaringan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara masif di seluruh wilayah Indonesia dalam tiga tahun terakhir.

Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata terlaksana di semua ibukota provinsi di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi dan kota-kota besar. Terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber.

Secara nasional, hingga akhir tahun 2019, sekitar 50% BTS telah terhubung dengan jaringan fiber. Target hingga akhir 2020, fiberisasi akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 70% BTS. Percepatan fiberisasi sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir.

Gede mengatakan, fiberisasi mampu meningkatkan kualitas layanan data 4G XL Axiata. Melalui program DigiRace 2020 ini XL Axiata berharap bisa menunjukkan secara langsung kepada masyarakat peningkatan kualitas jaringan data hasil dari fiberisasi dengan lebih stabil.

Saat ini layanan XL Axiata melayani lebih dari 56 juta pelanggan, didukung jaringan infrastruktur hingga pelosok-pelosok Indonesia. Dengan lebih dari 130.000 BTS termasuk lebih dari 54.000 BTS 3G dan lebih dari 40.000 BTS 4G, serta lebih dari 45.000 km jaringan fiber optik yang membentang dan menghubungkan berbagai wilayah dan kepulauan di Indonesia. Saat ini layanan 4G XL Axiata juga sudah hadir di lebih dari 425 kota/kabupaten di Indonesia. (eko)

- Advertisement -
sidebar
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER