Jumat, 19 Agustus 2022 | 11:54 WIB

Tak Cuma di Garda Terdepan, Pahlawan Medis juga Mengawal Kesehatan Masyarakat di Medsos, Begini Kisahnya

BACA JUGA

ads-custom-1

FinTechnesia.com | Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) (PSSB) menyebabkan masyarakat Indonesia menjalankan gerakan #dirumahaja sell. Gerakan ini mendorong setiap orang lebih kreatif dalam berinteraksi dan menjalani aktivitas sehari-hari.

Para pahlawan medis yang berjuang di garda terdepan juga menunjukkan kreativitas. Selain memberikan penanganan langsung bagi pasien di lapangan, para petugas medis juga bergandengan tangan memanfaatkan teknologi dan Instagram.

Mereka menyebarkan informasi kesehatan, memberikan dukungan terhadap sesama rekan sejawat. Hingga menyediakan konsultasi gratis melalui Instagram.

dr. Alghufron, MMR (@alghufron) dan dr. Dianca Oetama (@dianca.oetama) adalah beberapa contoh dokter Indonesia yang memberikan layanan konsultasi gratis seputar COVID-19 melalui Instagram Direct mereka. Konsultasi gratis itu memberikan kemudahan pasien yang membutuhkan pertolongan tim medis secara cepat. Tanpa harus mengunjungi rumah sakit yang saat ini berisiko menjadi sumber penyebaran COVID-19.

Beberapa dokter lain menggunakan akun Instagram untuk mengedukasi masyarakat seputar COVID-19. Beberapa di antaranya

· Dokter sekaligus model, Mesty Ariotedjo (@mestyariotedjo) membagikan IGTV tentang urgensi penanganan COVID-19 melalui penerapan jaga jarak fisik dan tes massal. Selain aktif memberikan konten kesehatan edukatif, dr. Mesty yang juga Co-Founder WeCare.id, pionir platform galang dana medis, mengadakan penggalangan dana untuk pembelian alat pelindung diri bagi para tenaga medis.

· dr. Putu Ayuwidia Ekaputri (@diadiawidia) membagikan tips dan langkah-langkah jika dinyatakan positif COVID-19.

· dr. Anton Tanjung (@antontanjung) berkolaborasi dengan @drg.mirza dan @drg.irene menggunakan akun Instagram mereka mempublikasikan informasi seputar rumah sakit, puskesmas maupun rekan sejawat yang membutuhkan donasi alat pelindung diri maupun alat medis lain.

· dr. Reisa Broto Asmoro (@reisabrotoasmoro) memberikan edukasi seputar virus COVID-19. Dan mengimbau masyarakat berhenti menggunakan sarung tangan medis agar dapat digunakan tenaga medis yang benar-benar membutuhkan. Sebagai alternatif, dr. Reisa memberikan solusi agar lebih sering mencuci tangan atau menggunakan sarung tangan yang terbuat dari karet.

· Berjemur merupakan sebuah rutinitas sederhana lselama #dirumahaja untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Masyarakat ramai membicarakan seputar waktu terbaik untuk berjemur. Untuk meluruskan hal tersebut, beberapa pakar kesehatan Indonesia ikut angkat suara. Termasuk dr. Listya Paramita, Sp.KK (@drmita.spkk) yang memberikan penjelasan seputar waktu terbaik untuk berjemur selama di rumah melalui IGTV.

· Di tengah pandemi COVID-19, calon ibu tentunya merasa resah akan keselamatannya dan bayi yang dikandungnya. Dokter spesialis kandungan Gahrani Chen (@gahranichen) mencoba mengakomodasi pertanyaan-pertanyaan dari para calon ibu ini dengan memanfaatkan Stiker Pertanyaan di Stories. (sya)

ads-custom-1
sidebar

BERITA TERBARU

header

POPULER