Jumat, 26 April 2024
FINTECHNESIA.COM |

OVO Resmi Jadi Mitra Resmi Uang Elektronik Kartu Prakerja

BACA JUGA




FinTechnesia.com | Akhirnya akhir pekan lalu program Kartu Prakerja secara resmi meluncur. Langkah ini bagian upaya Pemerintah Indonesia meningkatkan kompetensi kerja, produktivitas, dan daya saing serta mengembangkan jaring pengaman sosial pandemi corona atau COVID-19.

OVO, platform pembayaran digital terkemuka di Indonesia, menjadi mitra resmi uang elektronik, bersama dengan Bank BNI. Pemerintah juga menggandeng delapan mitra resmi lai untuk platform digital seperti, Tokopedia dan RuangGuru.

Kartu Prakerja diprioritaskan bagi para pencari kerja dan pekerja serta pelaku usaha mikro dan kecil. Tujuannya menekan angka pengangguran di Indonesia, terlebih di situasi sulit saat ini akibat pandemi COVID-19.

Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra menuturkan, OVO berupayamembantu pemerintah mengatasi dampak pandemi COVID-19. Dalam hal ini, mendistribusikan dana bantuan pemerintah untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja muda Indonesia.

Ada lima orang engineer OVO dan dua orang desainer UI/UX Bareksa ikut membangun sistem Kartu Prakerja. “Bersama engineer lain memungkinkan peserta program mengakses, melakukan registrasi dan menerima dana bantuan secara online. Hal yang sangat penting di masa masyarakat saat ini beraktivitas di rumah masing-masing,” terang Karaniya, Sabtu (11/4).

Karaniya optimistis, Kartu Prakerja dapat berkontribusi secara signifikan mengurangi tingkat pengangguran muda, yang sekitar 3,7 juta jiwa. Dan membantu mereka meningkatkan kemampuan, pengetahuan serta kompetensi agar sesuai kebutuhan pasar saat ini, terkhusus setelah pandemi COVID-19 bisa diatasi.

Sebagai mitra resmi pembayaran digital program Kartu Prakerja, OVO mendapat amanat menyalurkan dana insentif senilai Rp 600.000 setiap bulan. Dana ditransfer beberapa tahap empat bulan, ke akun uang elektronik peserta yang telah menyelesaikan pelatihan dalam program ini. Peserta akan memperoleh bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta untuk digunakan di platform digital mitra.

Melalui program Kartu Prakerja, peserta dapat mengikuti berbagai pelatihan yang dipersyaratkan industri yang ada dalam layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker). Dengan program Kartu Prakerja, peserta dapat memperoleh kemampuan baru untuk masuk di dunia kerja, tapi menerapkan physical distancing lewat belajar online. (sya)


BERITA TERBARU

BERITA PILIHAN

header

POPULER